Wujudkan PKK Tanggap dan Tangguh Bencana di Padangpariaman

ACARA—Ketua TP PKK Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur saat acara.

Mewujudkan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana, Ketua TP PKK Padang­pariaman Yusrita Suhatri Bur bersama jajarannya, kemarin, mengikuti pembekalan kader. “Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka mendukung pencegahan covid-19 di Kabupaten Padangpariaman,” kata Ketua TP PKK Padangpariaman Ny Yusrita Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, melalui gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana, tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (TP. PKK) Kabupaten Padangpariaman berkolaborasi dengan perangkat daerah dalam mengikuti pembekalan dan apresiasi kader PKK pro sehat kendali covid-19 atau duta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat secara virtual  kali ini.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pokja 4 dan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padangpariaman ini.

Menurut Kadis DPMD Padangpariaman Hendri Satria, peserta merupakan Kader-kader PKK Pokja yang terpilih sebagai duta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.  “Mereka merupakan perwakilan dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Padang­pariaman yang berjumlah 50 orang dan akan menjadi agen perubahan atau duta perubahan perilaku dalam upaya upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Diketahui pembekalan kader PKK ini katanya, bertujuan untuk kader PKK agar mampu menjadi duta perubahan perilaku atau agen perubahan yang bisa memberikan edukasi dan contoh teladan tentang pentingnya upaya pencegahan covid-19 melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat, selalu menjaga prokes dengan selalu menjaga 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak.

“Semua kegiatan kader PKK yang menjadi duta perubahan prilaku ini akan dilaporkan ke tim pusat melalui aplikasi yang nantinya akan ada peng­hargaan oleh TP PKK pusat untuk kader PKK yang aktif dalam upaya cegah Covid 19 di daerahnya masing-masing,” tandasnya. (efa)

Exit mobile version