Close

Lahirkan Pemimpin Berkualitas, KPU Bukittinggi Siap Laksanakan Tahapan Pemilu Serentak

TAHAPAN PEMILU– KPU Kota Bukittinggi menyatakan kesiapan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang untuk melahirkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas

BUKITTINGGI, METRO–KPU Kota Bukittinggi menyatakan kesiapan da­lam pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang untuk melahirkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas.

Komisioner KPU Bukittinggi, Benny Aziz mengatakan proses peluncuran secara resmi mulainya tahapan Pemilu 2024 telah dilakukan diikuti Forkopimda setempat secara virtual.

Pihaknya akan segera melakukan langkah kerja dengan mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak untuk penyebarluasan informasi ke masyarakat.

”Tentunya KPU Bukittinggi siap melaksanakan tahapan demi tahapan Pe­milu Serentak 2024, kami segera mensosialisasikan tahapan Pemilu Serentak 2024 agar masyarakat luas tahu tahapan pemilu sudah dimulai dan tidak ada lagi wacana penundaan pemilu,” kata Benny.

Ia mengatakan, sesuai aturan, KPU meminta Partai Politik sebagai peserta pemilu benar-benar mempersiapkan diri untuk diverifikasi dalam rangka persiapan menuju pemilu serentak 2024.

”Sementara kepada masyarakat sebagai pengguna hak pilih untuk selalu mencermati data pemilih yang dikeluarkan KPU disetiap daerah Kabupaten Kota, agar supaya bisa mengetahui sudah atau belum terdaftar sebagai pemilih,” katanya.

Ia menambahkan pengawasan bersama proses Pemilu di Bukittinggi agar proses demokrasi itu berjalan sesuai aturan dan tidak terdapat gangguan atau masalah dalam setiap tahapan.

”Mari kita kawal secara bersama pelaksanaa taha­pan pemilu ini agar bisa melahirkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas serta pemilu yang bermartabat dalam negara d­e­mokrasi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat peluncuran tahapan Pemilu 2024 di Jakarta me­ngatakan bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri dan meminta dukungan kepada pemerintah, DPR, partai politik, segenap pim­pinan bangsa Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu 2024 sesuai aturan perundang-undangan dimulai sejak 20 bulan dari hari pencoblosan. Hari pencoblosan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari, artinya tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutan mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tito mengatakan bahwa persiapan dan pe­nyelenggara tahapan pe­milu merupakan hasil kerja bersama.

”Setelah melaksanakan beberapa kali rapat (dan) konsinyering, akhirnya tergapai kesepakatan. Hasil rapat-rapat dan konsinyering itu menyepakati tahapan pemilu,” kata dia.

Mendagri menyatakan bahwa Pemerintah mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 yang tahapannya mulai 14 Juni 2022.

”Pemerintah mendu­kung penuh pelaksanaan pe­milu dan pilkada yang tahapannya dimulai Juni tepatnya tanggal 14 hari ini,” katanya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top