Menu

Lahirkan Inovasi untuk Kemajuan Nagari ke Depan

  Dibaca : 49 kali
Lahirkan Inovasi untuk Kemajuan Nagari ke Depan

PDG.PARIAMAN, METRO – Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni meminta kepada masing-masing nagari dalam daerahnya agar selalu memiliki inovasi untuk kemajuan nagari ke depan yang lebih baik.

“Berbagai jenis Inovasi dapat diberdayakan oleh masing-masing nagari. Banyak potensi nagari yang bisa dikembangan dan walinagari serta camat wajib sebagai motivatornya,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat membuka acara Bursa Inovasi Nagari (BIN) klaste II untuk Kecamatan VII Koto, Padang Sago, Patamuan, 2×11 Enam Lingkung, 2×11 Kayutanam dan Enam Lingkung untuk tingkat Kabupaten Padangpariaman, kemarin.

Katanya, inovasi yang dikembangan Kecamatan Enam Lingkung dalam bidang menjadikan tempurung kelapa sebagai bahan baku untuk membuat berbagai jneis peralatan rumah tangga, tas dan jenis lainnya.

Begitu juga Kecamatan Padang Sago dan kecamatan lainnya lanjutnya, masyarakatnya membuat baju pengaten dan kecamatan VII Koto membibitan tanaman cabe yang bisa berbuah selama 75 hari. “Ini perlu kita dungkung untuk ditingkatkan ke depannya,” ungkapnya.

Artinya, lanjut Ali Mukhni ke depan harus terus ditingkatkan inovasi untuk kemajuan nagari, seperti pembangunan jembatan Lubuak Tano di Kecamatan Padang Sago juga salah satu inovasi dalam membangun Padangpariaman yang lebih baik.

Kenapa tidak jelas Ali Mukhni, jembatan Lubuk Tano sekarang menjadi destinasi wisata baru di Padangpariaman. Pasalnya, hampir setiap malam ratusan masyarakatdatang ke sana untuk berselfi ria, karena disana ada juga taman bermainnya.

“Semua itu adalah untuk kemajuan nagari. Inovasi yang lahir dari masyarakat kita meminta walinagari, camat untuk mendukung inovasi mereka itu agar dapat berkembang dengan baik dan menghasilan uang untuk masyarakat. Perbaiki terus inovasi masyarakat untuk peningkatan ekonomi yang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Ali Mukhni  sangat apresiasi kegiatan yang di lakasakan oleh Kemendes melalui TPID dan di Fasiltasi oleh Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten Padangpariaman.

Melalui kegiatan ini, Ali Mukhni berharap agar setiap nagari yang ada di Kabupaten Padangpariaman bisa saling bersinergi dan saling mengisi untuk melakukan pembaharuan dan menjalankan nya untuk kesejahteraan masyarakat di nagari.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padangpariaman Erman menyatakan hingga kini lebih kurang 81 inovasi yang dilahirkan masyarakat masing-maisng nagari di Kabupaten Padangpariaman.

Bahkan inovasinya itu lanjutnya, telah di rekomendasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ditampilkan di Bursa Inovasi Desa (BID) klaster III kabupaten itu.

“Dengan BID ini maka pemerintahan nagari dapat melihat inovasi yang ada dan menerapkannya ke daerahnya sesuai dengan potensi masing-masing nagari,” ujarnya.

Namun ia lebih menekankan agar inovasi yang diterapkan oleh pemerintahan nagari lebih dominan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) daripada infrastruktur. Tujuannya, yaitu untuk mewujudkan SDM nagari yang berkualitas serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Dengan menerapkan inovasi yang sesuai potensi daerah serta didukung oleh SDM yang berkualitas maka nagari dapat menghasilkan pendapatan atau mandiri di bidang anggaran.

“Sekarang kan masih membutuhkan anggaran dari dana desa,” tambahnya mengakhiri.Hadir dalam kegiatan, Camat, Walinagari,Ketua Bamus dan Anggota, LPM dan Tokoh masyarakat. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional