Close

Lahan Pertanian Menjanjikan untuk Peningkatkan Ekonomi, Komitmen dalam Memanfaatkan Lahan di Kota Pariaman

TANAM— Wako Pariaman H Genius Umar saat tanaman lahan masyarakat.

Pemko Pariaman di­bawak kepemimpinan Wa­likota Pariaman H Genius Umar sangat komitmen dalam memajukan sektor pertanian dalam daerahnya. Sektor prtanian sangat mendukung dalam meningkatkan ek­o­nomi masyarakat dalam Kota Pariaman untuk kemajuan daerah dan ma­syarakat. Apalagi lahan pertanian masyarakat di Kota Pariaman sangat luas dan perlu dukungan semua pihak dalam pe­ngem­bangan ke depannya.

“Tapi, yang sangat utama adalah komitmen pemilih lahan dalam mengarapn lahan pertanian me­reka masing-masing, se­hingga hasil taninya me­ningkat. Kita Pemko Pa­riaman sangat mendukung masyarakat yang demikan,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Tetapi katanya, de­ngan meningkatnya sera­ngan hama tanaman pa­ngan masyarakat saat ini, khususnya area tanaman padi sawah di Kota Pariaman perlu penanggula­ngan bersama-sama. ha­ma tersebut datang katanya, ada berberpa faktor seperti  kurang bersihnya sekitar area tanaman dan saluran irigasi air. “Karena itulah kita bersama-sama perlu mengontong royongkan bersama lahan-lahan pertanain ma­syarakat yang kurang bersih tersebut,” kata Genius Umar.

Seperti contoh  seka­rang pelaksanaan gotong royong bersama ASN, ke­lompok tani dan ma­sya­rakat Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, di area persawahan desa. Genius sengaja ajak ASN Pemko Pariaman untuk ikut bersama-sama melaksanakan goro disamping mampu meningkatkan i­mun tubuh, yang terlebih penting adalah adanya upaya membantu para petani dalam upaya pe­nanggulangan hama dan penyakit tanaman yang menyerang tanaman pa­ngan, khususnya tanaman padi.

“Jika area ini telah bersih, tidak ada semak-semak lagi, maka seperti hama wereng, hama tikus, juga akan hilang karena hama tersebut berkem­bang biak di tempat-tempat kotor dan tempat yang penuh dengan semak-semak belukar, dan petani juga bisa mengatur kebutuhan air apada irigasi-irigasi yang saat ini telah tersedia,” ujarnya.

Lebih lanjut, jelas Genius, sektor pertanian khususnya padi sawah merupakan sektor pertanian andalan di Kota Pariaman, dimana 60 % ma­syarakat Kota Pariaman umumnya adalah petani, dan ekonominya bergantung pada sektor pertanian. “Makanya, saya libatkan ASN juga untuk bersama-sama ikut membantu petani dalam upaya penanggulangan hama, sehingga para petani kita bisa kembali bertani dan meningkatkan hasil pertaniannya, jika hasil pertanian kembali meningkat tentunya masyarakat kita akan sejahtera nantinya,” imbuh Genius.

Melalui dinas terkait, Genius selalu tekankan untuk selalu memfokuskan program kegiatannya untuk membantu ma­sya­rakat, baik itu melalui pe­nyuluhan, pengucuran program-program bantuan pemerintah dalam memudahkan masyarakat dalam meningkatkan hasil usahanya. “Semoga dimusim tanam berikutnya, seluruh tanaman petani di Kota Pariaman dijauhi dari hama, dan meningkat kembali hasil panennya,” tutup Genius saat menikmati sarapan ketupat di salah satu warung warga..

Memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tumbuhan kebutuhan rumah tangga mampu menjadi upaya pemenuhan kebutuhan keluarga dan jika berlebih bisa dijual dan bernilai ekonomi kepada masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, yang diketuai Yusnidar bersama ibu-ibu di desa tersebut.

Ia bersama ibu-ibu di Desa Toboh Palabah, dengan Pj. Kadesnya Indra Syamsu, yang langsung dibina oleh penyuluh dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan melalui UPT. Balai Penyuluhan Pertanian Kota Pariaman yang bergiat untuk menanam tanaman yang menjadi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti sayuran, cabe, tomat, jahe dan lain sebagainya.

Kemudian Walikota Pariaman, Genius Umar, mendapati laporan dari dinas terkait, secara spontan langsung meninjau lokasi pekarangan rumah Yusnidar, dan langsung memberikan semangat dan apresiasi kepada para ibu-ibu anggota KWT ter­sebut untuk terus bergiat dan mengembangkan jenis tanamannya. “Saya apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ibu-ibu ini, semoga ini menjadi contoh bagi ibu-ibu desa lain untuk bergiat memanfaatkan lokasi pekarangan rumah menjadi lebih produktif dan bernilai ekonomi, sehingga mampu menopang kebutuhan ekonomi keluarga jika belebih, “ ujar Genius.

Nanti, sambung Genius, kalau ada butuh bi­bit-bibit tanaman lainnya, silahkan sampaikan langsung ke penyuluh pertaniannya, agar dibantu fasilitasi bibit yang di inginkan untuk ditanam. Wako Genius Umar dan rombongan juga menyempatkan diri memanen sayur kangkung dan tomat, dan langsung dibelinya untuk dibawa pulang.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top