Menu

Lagi, Pesepakbola Muda Pauh IX Dipanggil Timnas Indonesia, Sebelumnya Sempat Dicoret Tim Piala Soeratin Sumbar

  Dibaca : 120 kali
Lagi, Pesepakbola Muda Pauh IX Dipanggil Timnas Indonesia, Sebelumnya Sempat Dicoret Tim Piala Soeratin Sumbar
OLAH—Pemain muda putra Pauh IX Kuranji Jiremy Arianto tengah mengolah si kulit bundar.

PADANG, METRO–Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang sebelumnya, memiliki sejarah kuat soal talenta sepakbola sejak era tahun 1970-an silam. Masih segar di ingatan baru -baru  ini talenta Genta Alparedo Ikut memperkuat Timnas Senior Indonesia di ajang pra kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Uni Emirat Arab (UEA).

Sekarang, seorang lagi pesepakbola muda asal Pauh IX Kuranji yakni Jiremy Arianto dipanggil Timnas mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-18. Hal itu menyusul surat panggilan surat dari Sekjen PSSI No. 4871/AGB/307/VIII-2021 tetanggal 31 Agustus 2021. Surat panggilan yang ditandatangani Yunus Nursi tesebut ditujukan kepada Sekum PSP Padang Haris Hidayat Dt Batuah ST, karena saat ini Jiremy Arianto memperkuat PSP Padang, yang bekutat di Liga 3 Indonesia.

Jerimy bakal mengikuti seleksi Timnas U-18 bersama 36 pemain untuk persiapan Piala Dunia U-20, yang digelar di Indonesia. Jiremy akan tergabung seleksi Tumas U-18 selama seminggu lebih kurang, 5-11 September 2021.

Jiremy Arianto mengaku, tak akan menyia nyiakan kesempatan ini. Ia akan memaksimal kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor di internal Timnas U-18 berebut kesempatan masuk dalam Line UP tim inti. “Saya tak akan menyia nyiakan kesempatan ini, karena kesempatan ini peluang bagi untuk menjadi pemain profesional,” aku Jiremy.

Jiremy mengaku, sebelumnya pernah terlempar dari Tim Piala Soeratin Sumbar. Bahkan, sedihnya dicoretnya dari tim Piala Soeratin Sumbar jelang keberangkatan. Namun, ia tak patah arang dalam me­ngolah si kulit bundar. Bahkan, kekecewaan saat itu menjadi motivasi untuk lebih giat lagi latihan.

Sekum PSP Padang Haris Hidayat Dt Batuah mengharapkan, anak asuhnya benar benar memanfaatkan kesempatan ini. Karena kesempatan ini tidak bisa didapatkan semua pemain PSP.” Karena yang dipanggil itu merupakan pemain yang memiliki kemampuan di atas rata rata pemain lainya di Tim PSP Padang ini ,” ujar Haris.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memanggil, Timnas U-18 untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia tahun 2023 mendatang.

Training Center (TC) para punggawa Timnas Indonesia U-18 rencananya akan diikuti 72 pemain. Shin Tae-yong sendiri yang akan memilih 36 pemain pada gelombang kedua. Sedangkan, pemanggilan TC gelombang pertama, 36 pemain telah  mengikuti latihan sejak Senin 31 Agustus. Seiring berjalannya TC, Shin Tae-yong bakal mengerucutkan lagi nama-nama yang ikut serta setelah TC selesai pada 11 September 2021.

Dalam persiapan Timnas U-18 ini Shin Tae Yong tak saja mengedepankan kemampuan seperti skill teknik, kecerdasan juga postur tubuh. Sebab, kompetitor Timnas U-18 bukan negara di Asean, akan tetapi sepakbola dunia.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji Kota Padang Evi Yandri Rj Budiman me­ngatkan, ini bukti Pauh IX Kuranji itu memiliki sejarah kuat dengan Cabor sepakbola. “Sebelumya, di era tahun 1970-an silam Nagari Pauh IX ini juga banyak melahirkan pesepakbola yang berkiprah di tingkat daerah dan nasional,” ujar Evi Yandri, yang juga anggota DPRD Sumbar.

Kemudian, hal ini menjadi motivasi bagi pemain muda lainya di Nagari Pauh IX untuk giat dan sungguh latihan. Jangan mudah terpe­ngaruh oleh arus globalisasi dan pergaulan nwgatif lainnya. Ber­kiprahlah sesuai bakat dan potensi masing masing. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional