Close

Lagi, 8 Pemuda Diduga Pungli Diamankan Polresta Padang

PELAKU PUNGLI— Sebanyak delapan pemuda yang diduga melakukan pungli disejumlah titik, diberi pembinaan di Mako Satpol PP, Sabtu (7/5). Sebelumnya, kedelapan pemuda ini diamankan oleh aparat Polresta Padang, Jumat (6/5).

TAN MALAKA METRO–Diduga melakukan pungutan liar (pungli), delapan orang pemuda dijaring Polresta Padang, disejumlah lokasi di Kota Padang, Jumat (6/5). Mereka terpaksa diamankan kepolisian karena telah melakukan pelang­garan penyelenggaraan parkir diduga ilegal di sejumlah titik.

“Delapan orang yang terjaring tersebut, akhirnya diserahkan ke Satpol PP Padang, Sabtu (7/5). Hal tersebut dilakukan guna pembinaan lebih lanjut, serta dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh Penyidik Pegawai Negri Sipil (PPNS) Satpol PP Padang,” ungkap Kepala Satpol PP Kota Padang Mursalim.

Adapun hasil dari pe­nyelidikan tersebut, pihak Satpol PP akan mengkoordinasikan dengan pihak kepolisian. Dijelaskan, hasil pemeriksaan, delapan pemuda tersebut diduga sudah melakukan pelanggaran parkir di sejumlah lokasi Kota Padang. namun ia menyampaikan untuk hasil penyelidikan tentu menunggu BAP dari penyidik.

“Kita tunggu hasil BAP PPNS terhadap delapan orang yang terjaring ini, baru kita bisa lakukan pembinaan lebih lanjut,” jelasnya.

Sebelumnya, aksi pungli juga dilakukan dibeberapa objek wisata selama libur Lebaran. Bahkan, Polresta Padang sudah mengamankan 15 orang pelaku pungli yang berkedok uang parkir seenaknya kepada wisatawan.

Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir mengungkapkan, adanya aduan dari masyarakat yang terkena pungli modus par­kir, langsung direspon cepat dan mengamankan pa­ra pelaku. Rabu (4/5), seluruh polsek di wilayah hukum Polresta Padang me­lakukan patroli di wi­layah yang ada tempat wisata.

“Hasilnya 15 pelaku diduga pungli diamankan petugas. Sekitar 15 orang diduga pelaku pungli diamankan petugas. Modusnya banyak sumbangan untuk pemuda, parkir liar memakai atribut parkir dan tukang parkir yang meminta harga di atas ketentuan,” ungkap Imran Amir.

Dijelaskan, 15 orang itu diamankan di kawasan Pasir Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah. Mereka meminta uang keamanan par­kir kepada pengunjung pantai yang menggunakan kendaraan Rp10.000 tanpa memberikan karcis resmi dari dinas terkait.

Kemudian, di Teluk Nibung, Kelurahan Gates Kecamatan Lubuk Begalung, polisi juga mengamankan sejumlah orang yang meminta uang kepada pengunjung pantai dengan modus uang pemuda.

Lalu, di sepanjang objek wisata Pantai Padang, Kecamatan Padang Barat. Modus operandi para pelaku yaitu dengan meminta uang keamanan parkir kepada pengunjung pantai yang menggunakan kendaraan tanpa memberikan karcis resmi.

“Semua pelaku sudah diamankan di Mapolresta Padang. Sejumlah uang tunai berhasil diamankan. Kepada masyarakat, disarankan langsung melapor ke pos pengamanan jika mendapati aktivitas pungli,” kata Imran Amir.

Dikatakan oleh Imran Amir, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas pariwisata dan dinas perhubungan setempat untukmendata juru parkir demi membersihkan pungli ber­kedok uang parkir di kawasan objek wisata terutama objek wisata pantai. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top