Menu

Laga Seru Vietnam Vs Timnas, Tak Ada yang Dominan, Namun Sengit

  Dibaca : 43 kali
Laga Seru Vietnam Vs Timnas, Tak Ada yang Dominan, Namun Sengit
SELEBRASI—Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas melakukan selebrasi usai membobol gawang Tim Gajah Perang Thailand pada laga, Kamis (3/6).

DUBAI, METRO–Timnas Vietnam perlu berhati-hati. Karena, Tim­nas Indonesia kembali ke jalur yang benar. Hal itu menyusul Evan Dimas dkk berhasil mengimbangi Thai­land dengan skor 2-2 dalam matchday keenam lanjutan laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 3 Juni 2021.

Selain itu laga Vietnam versus Indonesia, juga merupakan pertaruhan dua pelatih yang sama-sama mengadu kepia­waian mereka dalam sebagai tukang racik dari negara yang sama Korea Selatan. Selanjutnya Partai ketujuh Grup G ini bakal digelar di Al Maktoum Stadium, Du­bai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6).  Dan per­tan­dingan ini disiarkan live di SCTV dengan kick off  se­kitar 23.45 WIB.

Dalam tabel klasemen sementara Grup G, posisi Timnas Indonesia dengan Vietnam bak langit dan bumi. Tim berjulukan S­kuad Garuda ini masih ber­status juru kunci, semen­tara tim lawan nyaman di tampuk pimpinan klase­men, dengan perolehan 11 poin.

Timnas Indonesia telah tidak punya peluang ke Piala Dunia 2022. Sedang­kan Vietnam, berpeluang besar untuk melaju ke pu­taran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022. Bahkan, ter­buka lebar di mata mereka. Para anak asuh Park Hang-seo itu bahkan juga ber­kesempatan untuk lolos ke putaran final di Qatar.

Namun, pada per­te­muan terakhir, Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 15 Oktober 2019. Partai itu merupakan pertemuan per­tama kedua tim di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Melihat lima pertan­dingan terpanas Timnas Indonesia kontra Vietnam dalam satu dasawarsa te­rakhir. Berikut ulasan yang dilansir Bola.com, Timnas Indonesia pernah tidak berdaya di tangan Vietnam. Skuad Garuda me­nelan kekalahan 1-3 di kan­dang pada leg pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Ka­p­ten I Wayan Dipta, Gi­anyar, 15 Oktober 2019.

Vietnam berhasil men­cetak tiga gol beruntun lewat Do Duy Manh pada menit ke-26, Que Ngoc Hai menit ke-55 dan Nguyen Tien Linh menit ke-61. Se­mentara Timnas Indonesia hanya mampu mem­per­kecil kedudukan melalui Irfan Bachdim pada menit ke-84. Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam 2-2 pada partai leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016 di My Dinh National Stadium, Hanoi, 7 Desember 2016.

Timnas indonesia ung­gul lebih dulu lewat Ste­fano Lilipaly pada menit ke-54 sebelum Vietnam me­ngembalikan keadaan me­lalui Vu Van Thanh menit ke-83 dan Vi Minh Tuan menit ke-90+3.

Ketika pertandingan memasuki menit ketujuh injury time, Timnas Indonesia sukses menyamakan kedudukan via penalti Ma­nahati Lestusen sekaligus memastikan diri lolos ke final Piala AFF dengan ag­regat 4-3. Sebelumnya, Skuad Garuda menang 2-1 pada leg pertama.

Kekalahan itu menjadi yang ketiga bagi Timnas Indonesia di kandang atau keempat sepanjang babak kualifikasi sebelum dihajar Malaysia 0-2 pada 19 November 2019.

Disaksikan 30 ribu pa­sang mata di Stadion Pa­kan­sari, Kabupaten Bo­gor, Timnas Indonesia mampu menggilas Vietnam 2-1 dalam leg per­tama babak semifinal Pi­ala AFF 2016 pada 3 De­sember 2016.

Hansamu Yama mem­bawa Timnas Indonesia unggul saat laga baru ber­jalan tujuh menit. Namun, kedudukan kemudian di­samakan Nguyen Van Qu­yet lewat titik penalti pada menit ke-17.

Gol kemenangan Tim­nas Indonesia datang dari Boaz Solossa menit ke-50 yang mengeksekusi ten­dangan 12 pas dengan sempurna. Sebelum Piala AFF 2016, Vietnam dan Timnas Indonesia beruji coba dua kali. Satu di an­taranya digelar di My Dinh National Stadium pada 8 November 2011.

Bermain di kandang, Vietnam hanya mampu menang tipis 3-2 atas Tim­nas Indonesia. Dalam laga itu, Timnas Indonesia ung­gul lebih dulu lewat Boaz Solossa pada menit ke-33 sebelum Le Cong Vinh menyamakan kedudukan menit ke-45.

Timnas Indonesia kem­b­ali unggul setelah Irfan Bachdim menjebol gawang Vietnam pada menit ke-52. Namun, Vietnam menolak menyerah dengan men­cetak dua gol lewat Ngu­yen Cong Phuong pada menit ke-71 dan Nguyen Van Toan pada menit ke-83 untuk comeback dan me­nang.

Pada Piala AFF 2014, Vietnam dan Timnas Indonesia bergabung bersama di Grup A. Kedua tim ber­main pada matchday per­tama dan berakhir imbang 2-2. Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia dua kali tertinggal. Pertama setelah Que Ngoc Hai mencetak gol pada menit ke-11 dan kemudian disamakan oleh Zulham Zamrun pada me­nit ke-33.

Vietnam kembali ung­gul lewat Le Cong Vinh pada menit ke-68. Namun, empat menit sebelum wak­tu normal berakhir, Timnas Indonesia memaksa tim lawan untuk berbagi poin setelah Samsul Arif men­catatkan namanya di pa­pan skor. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional