Close

Laba Bank Nagari Cabang Jakarta sudah Lampaui Target, Aset Capai Rp5 Triliun

Afnizon Pemimpin Bank Nagari Cabang Jakarta,

JAKARTA, METRO–Keberadaan Bank Nagari di luar Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), menjadi peluang yang sangat besar untuk menjemput potensi pe­ngumpulan dana pihak ketiga (DPK) dari rantau. Saat ini tercatat ada tiga provinsi yang memiliki kantor cabang Bank Nagari, yakni, Pekanbaru Riau, Bandung Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Khusus di ibukota negara Jakarta, Bank Nagari sudah hadir di sana sejak 26 Juni 1996. Meskipun persaingan di kota metropolitan Ja­karta tak mudah, namun tujuan Bank Nagari ingin menjemput potensi yang sangat besar dari masya­rakat di rantau untuk pem­bangunan di Ranah Mi­nang, membuat Bank Na­gari bertahan dan terbukti terus berkembang di sana.

Pemimpin Bank Nagari Cabang Jakarta Afnizon mengatakan, di Jakarta selain Cabang Melawai juga ada dua kantor Cabang pembantu yakni Capem Matraman dan Capem Ta­nah Abang.

Dikatakan Afnizon yang sebelumnya pernah menjabat Humas Bank Nagari Kantor Pusat tersebut,  aset Bank Nagari Jakarta hingga posisi Juli 2022 ini sudah mencapai Rp4,865 triliun. “Alhamdulillah pada Agustus 2022 aset sudah tembus Rp5 triliun,” ujar Afnizon kepada media yang berkunjung ke kantornya Jalan Melawai Raya No.19 A Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (1/9) lalu.

Pencapaian luar biasa tergambar dari perolehan laba hingga Juli 2022 yang terealisasi sebesar Rp160 miliar, sudah sangat  jauh melampaui target tahun ini sebesar Rp116 miliar. “Sedangkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dikumpulkan oleh Bank Nagari Cabang Jakarta hingga Juli 2022  mencapai Rp4,735 triliun,” ujar Afnizon.

“Sementara itu jumlah kredit yang dikucurkan Bank Nagari Cabang Jakarta hingga Juli 2022 sebesar Rp1,136 triliun. Sangat kecil dibandingkan aset dan DPK yang dihimpun karena memang lebih banyak disalurkan ke Sumbar,” katanya lagi.

Ditambahkannya lagi, rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) juga rendah, hanya 1,98 persen sangat jauh di bawah ambang batas 5 persen sesuai yang diper­syaratkan Bank Indonesia.

Untuk mencapai target sesuai rencana bisnis bank, Bank Nagari Cabang Jakarta aktif melakukan pendekatan dengan organisasi masyarakat Minang di ibu­kota.

Tak hanya menyasar masyarakat Minang di perantauan, namun demikian Bank Nagari Jakarta juga menggaet nasabah di da­erah operasionalnya bahkan nasabah multikultural atau beragam etnis.

Dikatakannya untuk ti­ga unit kantor di Jakarta tersebut total ada 47 ka­ryawan. Masing-masing capem mempunyai 10 ka­ryawan, sedangkan 27 lainnya bertugas di Bank Nagari Cabang Melawai. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top