Menu

Kwarda Sumbar Tinjau Kwarcab Kota Arang

  Dibaca : 109 kali
Kwarda Sumbar Tinjau Kwarcab Kota Arang
TINJAU—Tim Kwarda Sumbar di bawah pimpinan rombongan Edwarsyah Ramli mengunjungi Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto dikunjungi  Tim penilai Kwarcab Tergiat Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Sumatera Barat kunjungi Kwartir Cabang (Kwarcab)  Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto. Tim yang diketuai Edwarsyah Ramli disambut Ketua Harian Kwarcab Sawahlunto Asril di sekretariat Kwarcab, Selasa (15/12).

Ketua Harian Kwarcab Sawahlunto Asril menyatakan, meski kondisi pandemi Covid-19 Kwarcab Kota Sawahlunto berupaya menggelar kegiatan meski beberapa kegiatan perkemahan bakti serta dan Satuan karya tak dapat dilaksanakan. “Namun, kegiatan di tahun 2019 yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan dalam pembinaan dan pengembangan kepramukaan dengan sasaran peserta didik dan gugus depan,” jelas Asril.

Di saat pandemi ini, jelasnya, kegiatan lebih mengarah pada aksi sosial pembangian masker, bantuan Sembako bagi peserta didik yang kurang mampu dan membuat faceshield bekerjasama dengan Dekranasda yang telah disumbangkan ke rumah sakit dan petugas kesehatan. “Kini kwarcab Sawahlunto telah mengembangkan budidaya lebah madu Pramuka yang dipusatkan di Taman Hutan kota di areal Kandi. Dan kegiatan unit usaha ini sudah melakukan panen madu” jelas Asril.

Ketua Tim Penilaian Kwarcab tergiat Kwarda Sumbar Edwarsyah Ramli mengatakan, dari 19 kwarcab kota dan kabupaten yang ada di Kwarda 03 Sumbar hanya tujuh Kwarcab yang akan dinilai sesuai dengan seleksi administrasi awal yang diajukan. “Selain kwarcab Sawahlunto, akan dinilai kwarcab Tanah datar, Payakumbuh, Lima Puluh kota, Bukittinggi, Agam dan kwarcab kota Padang” jelas Ramli

Dia berharap kegiatan ini bukan semata menjadi ajang penilaian, namun juga untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan kwarcab-kwarcab yang ada di Sumbar. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi kwarcab-kwarcab untuk lebih aktif lagi dalam membina ranting-ranting serta Gugus Depan  ”Kwarda Sumbar juga berterima kasih kepada Pemko Sawahlunto atas perhatian yang besar kepada pembinaan pramuka. Karena kegiatan kepramukaan ini merupakan kewajiban moral untuk membina adik-adik. Dari pramuka inilah didapat nilai-nilai, keterampilan dan kecakapan. Di dalam pramuka, hubungan batin antara peserta didik dengan pelatih, pendidik dan pamong sangat dekat,” tutur Ramli.

Usai pemaparan laporan kegiatan Agustin Sekretaris Kwarcab Sawahlunto, tim penilai yang beranggotakan H Candrianto, ST, MPd, H Alwis,S Ag dan Amrullah,SPd melakukan verifikasi serta tanya jawab seputar pelaporan dan dokumentasi serta publikasi kegiatan. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional