Menu

Kursi Wawako Padang masih Mengambang, Hendri Septa: Untuk Nama, Saya Serahkan Sepenuhnya ke Partai

  Dibaca : 79 kali
Kursi Wawako Padang masih Mengambang, Hendri Septa: Untuk Nama, Saya Serahkan Sepenuhnya ke Partai
Wali Kota Padang Hendri septa.

SAWAHAN, METRO–Penentuan nama calon Wakil Wali Kota (Wawako) Padang pendamping Hendri Septa dika­bar­kan masih belum terjawab. Pasalnya, hingga saat ini dua partai pengusung yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional ( PAN) belum menyodorkan nama calon Wawako ke DPRD Padang.

Wali Kota Padang Hen­dri Septa yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasio­nal (PAN) Kota Padang menyebutkan,untuk keko­songan kursi Wawako dise­rahkan sepenuhnya ke­pada dua partai pengusung PAN dan PKS.

“Untuk nama Wawako saya serahkan sepenuh­nya kepada partai,” kata Hendri Septa beberapa hari lalu.

Untuk Partai PAN, ketika diitanya kapan waktunya menyerahkan nama calon Wawako, Hendri men­ja­wab dengan tawa kelara­kar dan belum memberi ke­pastian.

“Tidak tahu lah saya. Di partai masih ada lagi di atas dalam hal ini pimpinan, itu urusan mamak-mamak kita di atas,” ujar Hendri Septa.

Di sisi lain, terkait pe­merik­saan Sekdako Kota Pa­dang Amasrul yang saat ini dinonaktifkan Walikota Padang. Hendri menye­but­kan, pemeriksaan yang ber­sangkutan (Amasrul) masih berajalan dirinya juga berharap proses pe­meriksaan bisa disele­sai­kan dan didapatkan ke­sim­pulan akan kasus tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengatakan, Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang men­dorong PKS dan PAN untuk segera menyodorkan na­ma calon Wakil Wali Kota Padang.

“Hal ini telah urgen. Untuk itu kami telah men­dorong kepada partai pe­ngu­sung untuk segera me­ngisi kekosongan Wakil Wali Kota Padang. Jangan sampai masyarakat me­nya­­lah­kan  legeislatif da­lam hal ini DPRD Pa­dang, akibat masih kosongnya posisi Wawako Kota Pa­dang,” kata Syafrial Kani.

Syafrial Kani yang juga Ketua DPC Gerindra Kota Padang ini menambahkan,  pengisian kursi Wakil Wali Kota Padang perlu dila­kukan karena merupakan persoalan yang sangat prinsip. Dia menuturkan banyak persoalan di Kota Padang yang harus juga segera diselesaikan.

“Banyak persoalan hari ini yang masih belum ter­se­lesaikan oleh Pemko Pa­dang, seperti fasilitas pen­didikan hingga pelayanan kesehatan maupun kese­jah­teraan ekonomi ma­syarakat. Tidak mungkin wali kota bekerja sendiri,” tegasnya.

Syafrial Kani menjelas­kan, Padang adalah kota besar dan ibu kota Suma­tera Barat. Padang  me­miliki persoalan cukup ba­nyak, yang harus disele­saikan secara utuh dan harus berdasarkan kerja sama yang lebih baik.

“Saat ini saja capaian RPMJP masih belum me­menuhi capainnya. Di sam­ping itu, rencana penam­ba­han lokal atau Ruang Kelas Baru (RKB) yang ditar­get­kan 500 lokal yang tercapai hanya 42  RKB. Belum lagi permasalahan lainnya. Ki­ta berharap dua partai pengu­sung untuk segera mengirimkan namanya un­tuk  mengisi kursi Wawako ini. Kami di DPRD Padang akan segera memproses dengan sesegera mung­kin,” terangnya.

Seperti diketahui, Hen­dri Septa dilantik sebagai Wali Kota Padang pada 7 April 2021. Dengan demi­kian, hingga hari ini, sudah empat bulan Hendri men­jabat sebagai Wali Kota tanpa didampingi Wakil Wali Kota.

Hendri Septa sebelum­nya menjabat sebagai Wa­kil Wali Kota Padang men­dampingi Mahyeldi An­sharullah. Namun, jabatan­nya naik menjadi Wali Kota karena Mahyeldi maju da­lam Pemilihan Gubernur dan dinyatakan sebagai pemenang. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional