Menu

Kurma Barhee Dibudidayakan di Lubuk Sikaping

  Dibaca : 81 kali
Kurma Barhee Dibudidayakan di Lubuk Sikaping
Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat menanam pohon kurma di depan halaman Islamic Center Lubuk Sikaping.

PASAMAN, METRO
Dalam rangka melaksanakan program penghijauan, sebanyak lima batang pohon kurma ditanam di lingkungan kompleks Islamic Center Lubuk Sikaping. Penanaman langsung dilakukan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

Menurut Bupati Yusuf, hal ini dilakukan  selain dalam rangka penghijauan, juga dalam rangka pelaksanaan visi dan misi pemerintah daerah yang agamis dan mempunyai nilai religi secara Islami.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian, Efriyanto  yang telah membudidayakan Kurma dan menanamnya di kawasan Islamic Centre Lubuk Sikaping,” kata Yusuf Lubis.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Pasaman Efriyanto menjelaskan, lima batang bibit kurma yang ditanam di kawasan Islamic Centre Pasaman adalah bibit Barhee dari Inggris.

“Kurma yang sebelumnya hanya bisa ditanam di Negara Arab, sekarang sudah bisa ditanam di Asia Tenggara termasuk di Indonesia dan menghasilkan buah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, perkembangan dunia pertanian dengan teknologi yang sudah semakin baik dan maju dan sudah banyak informasi, kalau kurma dari hasil kultur jaringan yang diselidiki di inggris dapat hidup di kawasan tropis seperti asia tenggar.

“Bibit yang kita tanam ini adalah jenis bibit hasil kultur di Inggris,” Jelas Efriyanto.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah Pasaman, Maraondak menyampaikan, kurma adalah tanaman yang ada di Al Qur’an dan itu harus dikaji jauh, tentu ada sesuatu yang harus dicari, salah satunya adalah bahwa kurma itu tanaman yang bisa hidup lama hingga 100 tahun.

“Ini adalah salah satu motivasi yang hendaknya bisa ditularkan kepada warga masyarakat,” jelas Sekda. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional