Menu

Kurir Asal Palembang Terciduk Bawa 110 Kg Ganja

  Dibaca : 411 kali
Kurir Asal Palembang Terciduk Bawa 110 Kg Ganja
PERLIHATKAN BUKTI— Dirresnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintaro didampingi Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu memperlihatkan barang bukti ratusan kilo ganja kering hasil penangkapan tersangka RR.

PADANG, METRO
Meski sempat kehilangan jejak saat dilakukan pembuntutan dari perbatasan provinsi, seorang kurir yang berusaha menyelundupkan ratusan kilogram narkotika jenis daun ganja kering dari Sumatra Utara (Sumut) ditangkap Tim Opsnal Direkrotat Reserse Narkoba (Diresnarkoba) Polda Sumbar.

Pelaku yang diketahui berinisial RR (27) yang berasal dari Palembang, Sumatra Selatan ini ditangkap diringkus petugas saat memikul daun ganja untuk dipindahkan ke rumah kosong yang berada di Jalan Durian Tarung , Kelurahn Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Selasa (15/9).

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintaro mengatakan, dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya menemukan 110 paket ganja masing-masing paketnya seberat 1 kilogram dan dibungkus karung besar yang dibawa dari wilayah Panyambungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumut dan rencananya akan dibawa ke Jakarta.

“Modus oeprandinya, ratusan kilo ganja kering yang dibawa dari Sumut ini terlebih dahulu diselundupkan ke Kota Padang yang dibawa menggunakan mobil rental atau jalur darat. Setiba di Kota Padang, ganja akan disimpan terlebih dahulu di rumah kosong yang memang sudah dipersiapkan. Setelah itu, ganja kembali diberangkatkan ke Jakarta,” kata Kombes Pol Wahyu saat jumpa pers di Mapolda Sumbar, Kamis (17/9).

Kombes Pol Wahyu yang baru beberapa minggu mengomandoi Ditresnarkoba Polda Sumbar menjelaskan, pengungkapan kasus itu berawal dari informasi yang diperoleh Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda Sumbar. Informasi tersebut didapat dari masyarakat bahwa adanya pendistribusian diduga narkotika jenis ganja dari daerah perbatasan Sumatra Utara (Sumut) menuju Sumbar.

“Sebelumnya kita mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada distribusi barang berupa narkotika jenis ganja dari wilayah Sumatra Utara, tepatnya di wilayah Panyambungan, Provinsi Sumut berbatasan dengan wilayah kita sehingga anggota melakukan kegiatan penyelidikan di lapangan,” jelas Kombes Pol Wahyu.

Ditambahkan Kombes Pol Wahyu, setelah mendapatkan informasi tersebut tim langsung melakukan penyelidikan ke lapangan dan memperketat pengawasan di perbatasan Sumbar dengan Sumut. Setelah itu, pihaknya melihat mobil yang yang dicurigai membawa ganja, sehingga dilakukan pembuntutan.

“Pembuntutan dimulai dari perbatasan Sumut menuju Sumbar. Awalnya memasuki wilayah Bukittinggi, namun kemudian tidak jadi ke Buktittinggi. Mobil yang kita buntuti itu menuju ke Kota Padang. Kita sempat kehilangan jejak, tetapi akhirnya kembali terlacak berada di daerah Bungo Pasang. Saat itu juga kita lakukan penangkapan terhadap pelaku RR saat memindahkan ganja dari mobil ke rumah kosong,” ujar Kombes Pol Wahyu.

Kombes Pol Wahyu menegaskan, terhadap tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara atau hukuman mati.

“Tersangka RR mengaku sudah dua kali menyelundupkan ganja dengan modus yang sama. Dijerat pasal berlapis, ancaman hukumannya, karena barang bukti lebih dari 1 kg, bisa hukuman pidana mati atau penjara seumur hidup. Penggagalan penyelundupan ganja ini telah menyelamatkan kurang lebih 110 ribu orang,” ujarnya

Sementara Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, disampaikan timnya saat ini,melakukan kegiatan pengembangan untuk mencari salah satu yang diduga ada kerjasama dengan tersangka RR, yang berinisial NN dan masih dalam pengejaran.

‘’NN ini yang memerintahkan RR untuk menjemput ganja ke Sumut dan nantinya diteruskan lagi ke Jakarta. Mudah-mudahan dalam waktu dekat NN ini juga bisa ditangkap. Penangkapan 110 kg ganja tersebut merupakan penangkapan terbesar semenjak baru dijabat oleh Direktur Reserse Narkoba yang baru. Patut kita apresiasi,” pungkas Kombes Pol Satake Bayu.(rg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional