Berpatokan dari pengertian kata Merdeka, jika dihubungan dengan keadaan guru yang harus menerapkan Kurikulum Merdeka, rasanya tidak sesuai arti Merdeka dengan kenyataan yang ada. Tetapi semua dikembalikan kepada konsepnya, apakah arti merdeka yang dimaksud adalah merdeka secara lahiriah?
Dari problema yang disebutkan itu, semua dikembalikan kepada kita sebagai guru. Harusnya menyadari tugas dan kewajiban sebagai guru yang telah disumpah. Berkewajiban mendidik dan mengajar yang sesuai dengan zamannya. Sekarang disebut dengan istilah, zaman generasi Z, yang bisa juga dikatakan sebagai generasi terakhir.
Dalam undang-undang, tugas guru adalah mendidik, mengajar dan mengevaluasi peserta didik pada jalur formal. Bertolak dari undang-undang ini, sudah seharusnya guru melaksanakan Kurikulum Merdeka yang lebih mengutamakan menjadikan siswa nyaman dan senang, bersemangat dalam belajar, sesuai dengan bakat, minat dan keahliannya. Tugas guru mendidik dan mengajar siswa sesuai kodratnya.
Dapat disimpulkan, Kurikulum Merdeka merupakan kurikum yang disesuaikan dengan zaman. Saat ini siswa dididik dan diajar sesuai dengan bakat, minat dan keahliannya. Guru sebagai bagian utama dari Kurikulum Merdeka seharusnya mengajar dan mendidik dengan ikhlas dan sesuai konsep mengajar pada Kurikulum Merdeka demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang tidak ketinggalan zaman, namun tetap mengutamakan karakter. (***)
*Penulis adalah guru SMAN 6 Pariaman




















