Close

Kurikulum BSM Penting bagi Peserta Didik di Kota Pariaman

FOTO BERSAMA—Wako Genius Umar bersama Wakil Walikota, Mardison Mahyuddin dan para peserta foto bersama.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan kurikulum Bahasa dan Sastra Minangkabau (BSM) sa­ngatlah penting bagi anak didik SD, SMP/MTS sederajat di Kota Pariaman. “Karena dalam keluarga kadang orangtuanya tidak mengerti lagi dengan kebudayaan Minangkabau sehingga a­naknya pun tidak mengenal adat dan budayanya kita sebagao orang minangkabau,” kata Walikota Pariaman H Genius umar, kema­rin.

Sekarang ia meninjau penyusunan buku bahan ajar mata pelajaran muatan lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau (BSM) oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman bersama Guru Penulis Pariaman Timur (Gulis Partim) di Aula Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Ko­ta Pariaman.

Genius yang hadir deng­an Wakil Walikota, Mardison Mahyuddin ini mengatakan bahwa Kota Pariaman sangat serius dalam melestarikan budaya Minangkabau di zaman serba canggih ini, buktinya Pemko Pa­riaman telah bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas Padang dan UNP untuk menyu­sun kurikulum mulok BSM sebagai mapel muatan lokal di Kota Pariaman.

“Untuk wilayah Sumbar, hanya Kota Pariaman satu-satunya daerah yang menetapkan BSM ini sebagai kurikulum muatan lokal, hal ini telah tertuang dalam Peraturan Walikota Pariaman Tahun 2020 tentang Penerapan Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Minang sebagai muatan lokal wajib bagi SD dan SMP/MTS se­derajat di Kota Pariaman ,” ujar Genius.

Pemerintah Kota Pariaman bersama LKAAM juga berusaha mengajarkan a­dat dan budaya Minang­kabau kepada anak kemenakan kita. Di tingkat pendidikan formal kita tidak tinggal diam, Dinas Pendi­dikan untuk mengajarkan kurikulum ini ke sekolah-sekolah sehingga nanti diteruskan oleh guru untuk diajarkan ke muridnya di kelas.

“Kurikulum ini sangat penting, se­hingga a­daik indak lakang dek pa­neh dan indak lapuak dek hujan,” tegasnya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top