Menu

Kurangi Mahalnya Pakan, Pemkab Pasaman Bangun Pabrik Makanan Ikan

  Dibaca : 73 kali
Kurangi Mahalnya Pakan, Pemkab Pasaman Bangun Pabrik Makanan Ikan
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

PASAMAN, METRO–Demi mengurangi ma­halnya pakan ikan di Pasa­man dan untuk membantu para pembudidaya ikan Pemerintah Kabupaten Pasaman akan mem­ba­ngun  pabrik pakan ikan pada tahun 2022 men­da­tang dengan luas lahan seluas  3.000 meter persegi.

”Pemerintah Kabu­pa­ten Pasaman akan menye­diakan lahan seluas lebih kurang 3.000 meter persegi untuk pendirian bangunan pabrik pakan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabu­pa­ten Pasaman, M Dwi Richy.

Tanah lebih kurang 3.­000 meter persegi itu meru­pakan milik Pemerintah Kabupaten Pasaman yang akan dihibahkan ke Ke­menterian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui APBN.

Jika tidak ada kendala lokasi pendirian pabrik pakan rencananya ditem­patkan pada salah satu aset milik Pemerintahan Kabupaten Pasaman di Balai Benih Ikan (BBI) Be­ringin Rao, Kecamatan Rao Selatan atau Kolam Pem­besaran Ikan (KPI) di Li­mau Asam.

Ia menjelaskan dengan adanya pabrik pakan ikan selain mengurangi biaya pakan terlalu tinggi hal itu juga termasuk mening­katkan produksi ikan se­cara efektif serta efesien. Sebenarnya masyarakat setempat menginginkan adanya pabrik pakan dan hal itu juga harapan Bupati Pasaman serta Peme­rin­tahan Kabupaten Pasa­man.

Selama ini pembu­di­daya ikan membeli pakan pabrikan ke distributor de­ngan harga pakan ikan cukup tinggi, hal ini sangat merugikan para petani. ”Untuk diketahui saat ini harga hasil panen pem­budidaya khusus ikan mas mencapai Rp 21 ribu per­kilo, selain ikan mas ada juga ikan nila, lele dan lainnya.

”Mahalnya harga pa­kan itu tidak sesuai dengan hasil produksi panen ikan para petani,” ungka Richy  Ia menambahkan sesuai hasil kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Kabupaten Pasaman pada bulan Juni 2021 lalu bahwa KKP RI akan memberikan satu unit excavator, satu unit pakan mandiri dan lainnya. Insyaallah pada bulan Agustus atau September 2021 akan direali­sasikan ke pembudidaya ikan di Kecamatan Rao Selatan untuk mening­kat­kan produksi ikan. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional