Close

Kurangi Kecelakaan, Satlantas Polresta Padang Blusukan ke Berbagai Instansi

SOSIALISASI— Kasat Lantas Polresta Padang AKP Alfin menjelaskan Kamis (20/10) melakukan sosialisasi ketertiban lalu lintas untuk mencegah angka kecelakaan.

M YAMIN, METRO–Kecelakaan lalu lintas me­ru­pakan salah satu perma­salahan besar yang harus di­ha­dapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Korban kecelakaan lalu lintas dari waktu ke waktu menunjukkan kecenderungan untuk selalu naik.

Bahkan tak jarang ke­cela­kaan lalu lintas menim­bulkan korban seperti meninggal du­nia, mengalami luka berat, luka ringan maupun dapat menye­bab­kan kerugian materi dan kerusakan pada kendaraan yang terlibat.

Untuk itu, demi mengu­rangi angka kecelakaan di Kota Padang, Satlantas Polresta Padang melakukan blusukan-blusukan ke se­kolah sekolah, instansi terkait untuk menjalin kerjasama dan memberikan slogan slogan mengenai tentang bahaya kecelakaan.

Kasat Lantas Polresta Padang AKP Alfin menjelaskan Kamis (20/10), ia dan personelnya selalu memberikan edukasi ke seluruh masyarakat dengan mengadakan program safety riding (keamanan berkendara).

”Kita selalu melakukan imbauan kepada ma­sya­ra­kat Kota Padang  seperti menggunakan span­duk yang berisikan black spot (daerah rawan kecelakaa­n). Terus kita juga melakukan penyuluhan safety riding ke se­kolah-sekolah agar selalu tertib berlalu lintas untuk menyampaikan ke keluarga mereka juga,” sambung Kasat Lantas.

Pihaknya juga menjalin rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Padang tentang kampung lalu lintas, pihaknya juga mengadakan rapat koordinasi dengan kepala se­kolah, juga program Police go to school, pihaknya juga melakukan himbauan untuk berhati hati dalam ber­kendara , di setiap pengaturan pagi selalu memberikan himbauan tertib berlalu lintas dan juga kegiatan pengaturan pagi di titik titik rawan laka sambil memberikan brosur brosur tentang kecelakaan.

Alfin  mengaku, terkadang pihaknya masih ba­nyak menemukan sejumlah pelanggaran yang dila­kukan pengguna jalan, sa­lah satunya tidak memakai helm dan melawan arah.­­Terkadang banyak pe­ngen­­­dara yang merasa dekat sampai tidak menggunakan helm. Apalagi kita ti­dak tahu namanya kecelakaan bisa terjadi dimana saja.

”Untuk itu, petugas dilapangan selalu melakukan penindakan dan himbauan kepada para pelanggar tersebut supaya tidak dihubungi,” ujarnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top