Close

Kunker Komisi IV DPRI, Soroti Potensi Daerah, Potensi Pertanian dan Perikanan Kota Pariaman Menjanjikan

Walikota Pariaman menyambut kedatangan rombongan Komisi IV DPR RI.

Komisi IV DPR RI kun­jungi Kota Pariaman ter­kait dengan realisasi dan program pengembangan pertanian yang dilak­sa­nakan pemerintah Kota Pariaman untuk pening­katan ekonomi, Kamis (9/12).

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengatakan, maksud kedatangannya bersama rombongan yai­tu untuk melihat potensi pertanian dan perikanan di Pariaman.

 “Kunjungan spesifik dari komisi IV ke Kota Pariaman yakni dalam fungsi pengawasan, kami melihat dan mendengar­kan langsung dari masya­rakat dan pemerintah ten­tang pertanian dan peri­kanan disini,” ujarnya.

 Ia mengatakan, me­lihat langsung potensi yang ada di Kota Pa­ria­man, pihaknya ingin me­lihat sejauh mana negara ikut andil dalam pengem­bangan pertanian dan perikanan di Kota Paria­man. “Meskipun namanya kota, tapi ternyata Paria­man juga punya hutan mangrove dan ini sangat unik sekali,” kata dia.

Sambutan Walikota Pariaman Genius Umar.

Ia menilai, Kota Pa­riaman punya banyak ung­gulan, yang butuh di­per­hatikan dan du­ku­ngan. Tidak hanya itu, Pariaman juga punya ikan endemik (ikan la­rangan), dan hal tersebut sangat menarik.

Ia menambahkan, sa­at sampai di Pariaman pihak mengetahui bahwa kota tersebut memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, perikanan, hing­ga kawasan konservasi yang perlu perhatian dari pemerintah pusat.

 Dikatakannya, pihak­nya akan membantu Ko­ta Pariaman untuk men­da­patkan bantuan per­tanian dari pemerintah pusat guna mening­katkan pe­rekonomian ma­sya­rakat.

Sementara itu, Wali­kota Pariaman Genius Umar mengatakan, Kota Pariaman memiliki empat kecamatan yang dua di antaranya memiliki po­tensi bidang pertanian yaitu Pariaman Timur dan Pariaman Selatan, se­dang­kan Pariaman Utara perikanan dan Pariaman Tengah bidang jasa.

Ia mengatakan pada masa pandemi pihaknya membuka jalan tanpa meng­gunakan dana APBD yang hingga sekarang sudah delapan kilometer hingga diketahui banyak lahan yang belum digarap padahal memiliki potensi besar untuk pertanian.

“Lahannya dihibahkan warga dan warga ikut go­tong royong membuka jalan, ini menunjukkan warga Kota Pariaman men­dukung pem­bangu­nan. Lokasi tersebutlah yang akan dikembangkan untuk pertanian dan peri­kanan untuk peningkatan ekonomi warga Kota Pa­ria­man di bidang per­tanian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top