Close

Kunjungi Wako Pariaman, IAIN Bukitinggi Jajaki Kerja Sama

TUKAR CENDERA MATA— Wali Kota Pariaman Genius Umar saling bertukar cendera mata dengan pihak IAIN Bukittinggi. .

WALI Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, terima kunjungan rektor Institut Agama Islam Islam Negeri ( IAIN ) Bukit­tinggi, Dr. Ridha Ahida bersama rombongannya.. Kunjungan ini, selain ber­si­laturahmi dengan orang nomor satu di Kota Paria­man ini, juga kedepan akan membahas tentang kerjasama antara IAIN Bukittinggi dengan Peme­rintah Kota Pariaman.

“Sebelumnya, kami mengucapkan terima­ka­sih atas kesediaan waktu dari pak walikota, yang telah bersedia menerima kami, dimana kunjungan ini selain mempererat silaturahmi, juga rencana menjalin kerjasama de­ngan Pemerintah kota Pa­riaman,” ujar rektor Ins­titut Agama Islam Islam Negeri ( IAIN ) Bukit­tinggi, Dr. Ridha Ahida, kemarin.

Katanya, IAIN Bukit­tinggi adalah satu-satunya satuan kerja (satker) Pe­ngelolaan Keuangan Ba­dan Layanan Umum (PK BLU) untuk kategori IAIN yang ditetapkan berdasar­kan PMK Nomor 775/K­MK.­­05/2018.

“Sebagai satker BLU IAIN Bukittinggi, memiliki fleksibilitas dan keman­dirian dalam pengelolaan keuangan, pelayanan pu­blik dan pengelolaan S­DM,” tuturnya.

IAIN Bukittinggi telah memiliki empat program studi umum yang direko­mendasikan langsung oleh Kemendikbud pada tahun 2009 yaitu Bimbingan Kon­seling, Pendidikan Mate­matika, Pendidikan Baha­sa Inggris, dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

“Selain menyandang prediket B untuk akre­detasi institusi, dan pre­diket A dan B untuk selu­ruhprogram studi, demi proses perkuliahan yang lebih baik, IAIN Bukittinggi memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang professional dengan rasio yang ideal antara jumlah dosen dan mahasiswa, serta fasilitas pendukung perkuliahan berbasis tek­nologi informasi, seperti perpustakaan, dan labo­ratorium terpadu,” tukas­nya didampingi Wakil Rek­tor I, Dr. H. Asyari, S.Ag, M.Si, bersama Ketua Lembaga Penjaminan Mu­tu (LPM) Dr. Linda Yarni, M.Si dan rombongan lain­nya.

Sementara itu Wal­i­kota Pariaman, Genius umar menyambut baik silaturahmi dengan IAIN Bukittingi yang saat ini sedang menuju Universitas Islam Negeri dan men­dukung penuh hal terse­but.

“Hari ini kita sedang menjajaki kerjasama apa yang bisa kita lakukan bersama antara IAIN Bu­kit­tinggi dengan Peme­rintah Kota Pariaman, yang pastinya akan berni­lai positif untuk keduanya, apalagi Kota Pariaman mempunyai program Sa­ga Saja (Satu keluarga Satu Sarjana), dimana kita menguliahkan anak-anak kita warga kota Pariaman yang tidak mampu, untuk menempuh jenjang per­gu­ruan tinggi,” ujarnya.

Genius Umar juga me­nilik IAIN Bukittinggi se­bagai kampus yang sukses meraih peringkat kedua untuk kategori IAIN se Indonesia pada tahun 2018-2019. Bahkan untuk tahun 2020 lalu, IAIN Bukittinggi meraih juara pertama sebagai peminat terba­nyak untuk kategori IAIN se-Indonesia.

“Semoga IAIN Bu­kit­tingi ini dapat segera be­rubah status menjadi universitas, sehingga akan menambah jumlah universitas yang ada di Su­matera Barat, yang nanti­nya akan meningkatkan jumlah anak-anak kita yang selain menimba ilmu, juga meningkatkan akhlak dan ilmu agamanya,” tan­das­nya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top