Close

Kunjungi Masjid Nurul Huda Jorong Dahlia, Wabup Sosialisasikan Progul Tanahdatar

SOSIALISASI—Kunjungi Masjid Nurul Huda Jorong Dahlia, Wabup sosialisasikan progul Tanah Datar kepada masyarakat.

TANAHDATAR, METRO–Tim Safari Ramadhan Khusus yang langsung di­pimpin Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian me­ngunjungi Masjid Nurul Huda Jorong Dahlia Nagari Lubuak Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara, Senin (25/4) malam.  Dalam kunju­ngan yang turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Camat Lintau Buo Utara Arif Gani, Bagian Kesra dan Bagian Prokopim, diawali dengan berbuka bersama dan shalat Magrib, Isya dan Tarawih berjamaah.

Pada kesempatan itu, Wabup Richi Aprian terus menyampaikan dan mensosialisasikan berbagai Program Unggulan (Pro­gul) Tanah Datar yang telah dilaunching atau diluncurkan.  “Berbagai Progul, mulai dari bidang pertanian, peternakan, pelayanan administrasi, keagamaan, Pariwisata dan UMKM serta beberapa bidang lainnya telah dilaunching, dimana itu sudah digagas oleh Pemerintah Daerah sebagai langkah dan wujud nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masya­ra­kat,” katanya.

Adapun Progul yang telah diluncurkan, Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, Bajak Gratis, Peluk Tanda Diri, Makan Rendang di Tanah Datar, Satu Nagari Satu Even, Asuransi Padi dan Asuransi Ternak serta beberapa program lainnya.

“Progul Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah kita ingin setidaknya 15 sampai 20 tahun mendatang, pe­mim­pin di Tanah Datar adalah penghafal Al Qur’an. Pro­gul Bajak Gratis, bukanlah membagikan mesin bajak secara gratis tapi Peme­rintah Daerah menyediakan mesin, BBM dan upah operator, sehingga dengan program ini biaya operasional petani untuk berta­nam semakin rendah,” sam­painya.

Kemudian Program Peluk Tanda Diri yakni Program Pelayanan Penduduk Tanah Datar di Ujung Jari, yakni mempermudah ma­syarakat untuk memperoleh pelayanan pembuatan KTP, KK sampai Akte Kematian tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil di Batusangkar, cukup melalui HP Android, ataupun bantuan di Kantor Wali Nagari.

Juga ada Program Makan Rendang di Tanah Datar yakni Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar, yakni pembiayaan bebas agunan de­ngan bunga rendah yakni 3% se tahun. “Program Makan Rendang bukan ha­nya untuk masyarakat yang mempunyai usaha rendang saja, namun seluruh UMKM dengan pem­bia­yaan maksimal Rp10 juta,” tukasnya.

Sementara itu Wali Nagari Lubuak Jantan Mukhlis Dt. Rajo Itam bersama Pengurus Masjid Nurul Hu­da Riki Oriza menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kedata­ngan tim safari ramadhan khusus pimpinan Wabup.

“Terima kasih atas kunjungan pak Wabup bersama tim, ini menjadi anugerah dan menambah pengetahuan bagi kami masya­rakat Lubuak Jantan serta semoga kegiatan ini dinilai ibadah oleh Allah SWT,” sampainya.

Dalam kunjungan itu, Wabup juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari masjid kepada 36 anak yatim atau piatu se Jorong Dahlia masing-masing Rp1 Juta. Serta menyerahkan bantuan hibah Rp10 juta dan sepaket bahan bacaan hadist. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top