Menu

Kunjungi Kabupaten Solok, Andre Terima Aspirasi Soal Batang Lembang dan Alat Pertanian

  Dibaca : 248 kali
Kunjungi Kabupaten Solok, Andre Terima Aspirasi Soal Batang Lembang dan Alat Pertanian
BERDIALOG— Andre berdialog dengan pengurus mushalla perangkat nagari dan warga di halaman Mushalla Nurul Hidayah, Chubagan, Jalan Tangah Solok, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok. Kemudian, Andre menyerahkan bantuan PKBL.

SOLOK, METRO
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade menungjungi Mushalla Nurul Hidayah, Chubagan, Jalan Tangah Solok, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok, Jumat (24/7) lalu. Di sana, Andre begitu membaur dengan pengurus mushalla, perangkat nagari dan warga sekitar yang pada 2019 lalu mayoritas memilihnya.

Turut hadir menemani Andre adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok yang juga Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu. Juga ada Wali Nagari Muaro Paneh Feri Efendi. Sejumlah wali jorong juga terlihat memadati halaman mushalla di daerah yang sejuk tersebut.

Feri Efendi menyebutkan, di Nagari Muaro Paneh pendukung Prabowo-Sandi memang telak. Bahkan, Gerindra juga memiliki suara yang dominan di lokasi tersebut, termasuk Andre Rosiade. Jadi, dia sangat berterima kasih dengan kehadiran Andre di kampung yang berjarak cukup jauh dari Kota Padang ini.

“Kami terharu dengan kedatangan pak Andre ke sini, biasanya kami lihat di televisi saja. Karena bapak di sini, kami ingin menyampaikan aspirasi, semoga bisa diterima dan direalisasikan. Muaro Paneh adalah nagari yang paling panjang dibelah Batang Lembang, sekitar 5 km. Karena itu sering terjadi bencana, karena sungai yang belum normal,” katanya.

Dia berharap, sebagai anggota DPR RI dan juga Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre membantu melakukan normalisasi sungai, atau pengerukan dan sejenisnya. “Kemarin ada bantuan normalisasi Batang Lembang sekitar Rp800 juta, tapi belum cukup. Tapi dampaknya cukup baik, setelah pengerukan banjir berkurang. Apalagi normalisasi penuh,” kata wali nagari.

Dia berharap, Andre dan Gerindra membantu menjadikan Batang Lembang sebagai lokasi yang dipermak dan diperbaiki. Karena bisa dijadikan tempat wisata pakai speedboat.
Juga bisa ditebar bibit ikan. “Saat ini, baru lima titik bisa dipasang bronjong untuk pengamanan. Kami ingin, 5 km Batang Lembang di Nagari Muaro Paneh ini bisa ‘dipasamoan’ pengerjaannya,” katanya.

Jon Firman Pandu menyebut, aspirasi wali nagari yang merupakan bagian dari aspirasi masyarakat Muaro Paneh dan Kabupaten Solok itu telah dicatat dan sebagian sudah direalisasikan. Saat ini, juga telah didengarkan oleh anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 – termasuk Kabupaten Solok untuk dibawa ke tingkat nasional.

“Pak wali telah membentangkan banyak hal. Kami di DPRD akan bekerja keras untuk merealisasikannya,” kata pria yang disebut-sebut akan maju Pilkada Kabupaten Solok ini.

Dia berterima kasih atas kunjungan Andre Rosiadse ke Muaro Paneh. Diharaplan nanti juga bisa mengunjungi nagari-nagari lain di Kabupaten Solok. “Kami yakin, ketua kami ini datang menjemput aspirasi di Kabupaten Solok dan mengeksekusinya,” sebutnya.

Andre Rosiade terharu dengan sambutan yang sangat ramai dari warga Muaro Paneh terhadapnya. Dia menyebut, Mushalla Nurul Hidayah telah masuk dalam daftar penerima PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang diajukannya pada Juli 2020. Dana itu bisa dimanfaatkan untuk merehab mushalla lebih baik lagi ke depan.

“Kami telah dengar aspirasi pak wali nagari dan juga warga Muaro Paneh, termasuk Batang Lembang. Kami akan diskusikan dengan Gerindra Solok untuk langkah-langkah eksekusinya. Karena sebagian ternyata sudah dilakukan oleh Pemkab Solok. Sekarang, kita akan coba di tingkat provinsi dan pusat,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Kata Andre, kader Gerindra harus dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Sesuai tagline Partai Gerindra, harus melakukan aksi atau kerja nyata. “Soal Batang Lembang, pak Jon Pandu akan berkoordinasi dengan Wagub Sumbar Nasrul Abit untuk mengingatkan Dinas PUPR Sumbar perbaiki dengan menyiapkan anggaran. Jadi jangan ragu mencari Fraksi Partai Gerindra untuk menyampaikan aspirasi,” katanya.

Andre juga diminta membantu warga untuk menyediakan alat pertanian seperti mesin bajak kura-kura dan juga seragam partai Gerindra. “Kami akan coba realisasikan apa yang bapak-ibu inginkan. Soal ingin masuk Gerindra dan seragam Gerindra, itu akan diselesaikan oleh Ketua DPC Gerindra, Jon Pandu,” kata Andre yang begitu santai berdialog dengan warga. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional