Close

Kunjungan Kota Solok, Wujudkan Program Balai Bahasa Sumbar

KUNJUNGAN BALAI BAHASA— Wali Kota Solok, Zul Elfian menerima kedatangan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Dr.Eva Krisna.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok, Zul Elfian menerima kedatangan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Dr.Eva Krisna. Zul Elfian menilai kedepan, tugas dan tanggung jawab bersama agar semua pihak bangga ber­bahasa Indonesia.  “Kita  akan bersatu dan bersinergi mewujudkan program dari Balai Bahasa Sumatera Barat,” ujarnya.

Dirinya juga menyambut baik tugas itu. Tujuannya supaya masyarakat sadar akan Bahasa Indonesia tanpa melupakan bahasa asli daerah.

Sebelumnya Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbaf, Eva Krisna menjelaskan, Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat saat ini punya dua program. Yakni lanjutnya sosia­lisasi pengutamaan penggunaan bahasa negara pada 45 lembaga terbina, dian­taranya Dinas Pariwisata dan Dinas Pen­didikan.

Selain itu melakukan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) untuk menye­laraskan dengan program merdeka belajar. “Tugas pokok kami ialah tentang bahasa, sastra dan literasi,” jelasnya.

Balai Bahasa Sumbar juga sedang me­lakukan penyusunan kamus bahasa dae­rah. Saat ini telah selesai disusun kamus bahasa Minang dan kamus bahasa Men­tawai.

Selanjutnya, menerjemahkan dan men­cetak buku bahasa Minang menjadi bahasa Indonesia untuk dibagikan di ruang literasi. Balai Bahasa Sumbar juga menjadi pembina gerakan literasi nasional dengan gerakan literasi daerah. “Kami juga memetakan bahasa dan sastra daerah di Provinsi Sumatera Barat serta Ensiklopedia sas­trawan Sumbar,” jelasnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top