Close

Kunjungan Deputi Kemenpan RB, Deputi Apresi Walikota Pariaman Tentang Pelayanan Publik

Podcast bersama Deputi dan Walikota.

Deputi Bidang Pela­yanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Republik Indonesia, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA memuji sinergitas dari Pemerintah Pariaman de­ngan berbagai pihak untuk menciptakan Mall Pe­laya­nan Publik Kota Pariaman.

Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA mengatakan, pihak­nya sangat mengapresiasi Walikota, Wakil Walikota beserta jajaran serta For­kopimda yang telah ber­hasil bekerjasama dengan baik sehingga mencip­takan MPP.

Foto bersama Deputi, Walikota,Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya.

Ia menyampaikan, de­ngan adanya kolaborasi dari berbagai pihak yang dilakukan oleh Walikota Pariaman sehingga me­mudahkan masyarakat untuk mendapatkan ber­bagai pelayanan yang dibutuhkan oleh masya­rakat. “Pelayanan Publik itu sebenarnya bagai­ma­na bisa memberikan pe­layanan kepada masya­rakat dengan mudah dan nyaman,” katanya.

Dikatakannya, nanti Pemerintah Kota Paria­man harus menggarahka Mal Pelayanan Publik Pa­ria­man ini menggunakan informasi teknologi (IT). Kedepan memang IT akan sangat menentukan da­lam memudahkan berbagai pelayanan yang kita se­diakan di Mal Pelayanan Publik.

Ia menyampaikan, de­ngan memanfaatkan IT semua akan memper­mu­dah pelayanan-pekaya­nan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dimana sebe­lumnya pelayanan yang banyak membutuhkan dokumen, dan deangan bantuan IT tentu itu akan sangat memudahkan.

“Kalau sudah ada bank data tentu akan sa­ngat memudahkan, kare­na dengan bank data itu nanti sudah terintegrasi dengan layanan lainya yang ada di Kota Pa­ria­man ini,” katanya.

Diah juga menyam­paikan MPP itu juga harus memiliki sistem yang me­mudahkan masyarakat untuk mengambil anterian dan serta mentreking 

Ia juga memuji ke­hebatan dari Walikota Pariaman yang bisa me­manfaatkan gedung yang ada untuk MPP, artinya tidak harus menunggu anggaran khusus MPP ba­ru dibikin, sehingga ma­syarakat sangat terbantu dengan adanya banyak pelanan di satu tempat.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan ke­hadiran MPP di Kota Pa­riaman ini berawal ia berkujung ke beberapa MPP di daerah lain, se­hingga ia berkeinginan bagaimana MPP juha ada di Kota Pariaman.

“Sebenarnya MPP di Pariaman ini sudah ada semenjak dua tahun yang lalu, setelah saya melihat MPP yang ada di Batam, Pekan baru, termasuk di Banyuwangi,” katanya.

Setelah itu, Genius me­minta kepada Kepala Di­nas terkait untuk mem­­­buat MPP di Kota Paria­man, walaupun a­da atau tidak dananya yang pen­ting bagai­mana ma­syar­kat Pariaman bi­sa men­dapatkan pela­yanan pu­blik deng­an mudah.

“Ada atau tidak ang­garanya, yang penting ada meja dan komputer saja dulu, dan masyarakat bisa mendapatkan pelaya­nan,” katanya.

Kata Genius, setelah satu tahun berjalan baru pihak pemerintahan Kota Pariaman menyampaikan kepada pihak Kemenpan RB tentang MPP Kota Pa­ria­man ini, serta meminta masukan jika ada keku­rangan bagi MPP di Pa­riaman.

Saat ini Kota Pariaman telah memiliki MPP de­ngan berbagai pelayanan yang bisa dioeroleh oleh mmasyarkat. Kehadiran MPP ini sangat me­mu­dahkan masyarkaat, di­mana biasanya mereka untuk mendapatkan pe­layanan harus pergi ke beberapa tempat. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top