Close

Kuda Artha 198 Milik Wako Riza Falepi, Juara 1 di Sawahlunto Derby 2021

SERAHKAN PIALA— Wako Padangpanjang Fadli Amran menyerahkan piala kepada Wali Kota Payakumbuh H.Riza Falepi

POLIKO, METRO–Artha 198, kuda milik Wali Kota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT Dt. Rajo Kaampek Suku tampil apik dan berhasil menjadi juara 1 Race VIII Kelas CD 3 Tahun Remaja 1300 meter dalam Sawahluto Derby 2021. Piala dan medali diterima langsung oleh Riza Falepi yang didampingi oleh Sekretaris Pordasi Kota Payakumbuh DR. Dasril dari Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di lapangan Pacuan Danau Kandi Kota Sa­wahlunto, Minggu (12/12) siang.

Kuda bernama Artha 198 ini berwarna Nafas, berkelamin betina berusia 3 tahun merupakan anak dari induk Ratu Sicincin dan pejantan Our People, dilatih oleh Agusril di Bintang 198 Stable dengan joki Riyan Firmansyah asal Kota Payakumbuh.

Iven ini diikuti oleh seba­nyak 18 ekor kuda dari Kota Payakumbuh. Turut hadir di kegiatan ini Ketua Pordasi Nasional Triwati Marciano, Ketua Pordasi Sumbar Ramlan Nurmatias. Di tribun kehormatan juga terlihat Wali Kota Sawahlunto Deri Asta sebagai tuan rumah, Wakil Wali Kota, dan Sekda Kota Sawah­lunto, serta Dirut Bank  Nagari sebagai sponsor utama.

Wali Kota Riza Falepi yang juga Ketua Umum Pordasi Kota Payakumbuh menyampaikan Kota Payakumbuh tak menggelar iven pacuan kuda karena pandemi Covid-19, saat ini hingga akhir tahun 2021 pemerintah kota lebih fokus kepada percepatan vaksinasi mencapai herd immunity.

“Insyaallah kalau pandemi ini mereda, kita bakal gelar pula pacu kuda seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Riza Falepi didampingi Anggota DPRD Mustafa.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pordasi Kota Payakumbuh Dasril menyampaikan sa­lah satu dampak yang diharapkan dari kegiatan pacu kuda ini a­dalah meningkatnya pariwisata. Pacuan kuda seri pertama tahun 2022 Sumbar akan dihelat di Kota Payakumbuh pada bulan Februari 2022 nanti.

“Mari kita patuhi protokol kesehatan agar kegiatan ini bisa kita lanjutkan tahun depan. Ini bukti bahwa kita cinta akan kuda. Dengan harapan kita bisa mengadakan  event-event berskala nasional berikutnya,” ujar Dasril yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Kejuaraan Pacuan Kuda Sa­wahlunto Derby adalah salah satu ajang pacuan kuda klasik dan paling ditunggu komunitas berkuda, khususnya pacuan. Sawahlunto Derby dilangsungkan setiap tahun untuk meme­riahkan hari jadi kota tambang tersebut, yang dirayakan setiap 1 Desember, pada tahun ini di­selenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke 133 Kota Sawahlunto.

Pada tahun 2021 ini tidak ada kuda luar Sumbar yang ikut serta, besar kemungkinan lantaran imbas dari Pandemi Covid 19 selama 2 tahun terakhir, jadi hampir semua daerah di Indonesia vacum kegiatan, kecuali di Jabar dan Sulut yang masih gigih menjalankan kegiatan pacuan maupun latihan bersama, termasuk di Sumbar juga.

Praktis event Sawahlunto Derby ini sebagai pemuas dahaga para pecinta pacuan kuda Sumbar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Kontingen Kota Payakumbuh dipimpin langsung oleh Wali Kota Payakumbuh dua periode Riza Falepi yang juga Ketua Umum Pordasi Kota Payakumbuh bersama Wakil Ketua Mustafa yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh, Ketua Harian Pordasi Payakumbuh Faulo Rosie pemilik stable 198, Dion Fernandes (Fakhira stable), tokoh senior SY. Dt. Rajo Imbang, Kepala Kesbangpol Bu­dhy D Permana, Sekretaris Disparpora Doni Saputra, dan rombo­ngan penonton fanatik pacuan kuda asal Kota Randang Payakumbuh yang cukup banyak hadir dilapangan, serta pemilik 18 ekor kuda yang berasal dari Payakumbuh beserta supporter. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top