Menu

Kucurkan Dana Rp1,3 Miliar, Pemko dan Baznas Pariaman Komit Majukan Pendidikan

  Dibaca : 66 kali
Kucurkan Dana Rp1,3 Miliar, Pemko dan Baznas Pariaman Komit Majukan Pendidikan
KUCURKAN DANA PENDIDIKAN— Wali Kota Pariaman H Genius Umar komitmen dalam bidang pendidikan bersama Baznas Kota Pariaman untuk kucurkan dana Rp1 Miliar.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar komitmen dalam bidang pendidikan bersama Baznas Kota Pa­riaman. “Sekarang  kita  kucurkan Rp 1,3 Miliar untuk program saga saja,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin. Kata­nya, Pemerintah Kota Pa­riaman sangat komit dibidang pendidikan, hal ini dapat dilihat dengan beberapa kebijakan yang dibuat sehubungan dengan pendidikan di Kota Pariaman, mulai dari program wajar (Wajib Belajar) 12 tahun, bus sekolah gratis, DKK (Dana Keuangan Khu­sus) untuk SMA/SMK, dan saga saja(Satu Keluarga Satu Sarjana) untuk mahasiswa/i kurang mampu asal Kota Pariaman yang mencapai angka Rp 1 Mi­liar lebih.

Khusus untuk Program Saga Saja ini katanya, telah dimulai sejak tahun 2018, yang diserahkan oleh Badan Amil Zakat Nasio­nal (Baznas) Kota Pariaman kepada Pemerintah Kota Pariaman, untuk disalurkan kepada mahasiswa penerima bea­­siswa.

“Khusus Saga Saja, kita akan membayar beasis­wanya sampai mereka ta­mat nantinya, sehingga tujuan dari program ini da­pat segera tercapai, di mana mereka dapat lulus dan memperoleh pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarganya,” ujarnya usai acara Bimtek Pengelolaan Unit Pengumpul Zakat (U­PZ) Desa se Kecamatan Pariaman Timur, oleh Baznas Kota Pariaman.

Dikatakan, untuk semua biaya pendidikan pa­ra mahasiswa program saga saja pada semester 1, 2 dan 3, akan ditanggung oleh Baznas Kota Pariaman, sementara untuk Semester 4, 5, dan 6, dibiayai dan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pariaman.

Di bawah kepemimpinan Genius Umar dan Mar­dison Mahyuddin, Program Saga Saja, adalah salah satu cara untuk memberikan kesempatan pada putra putri terbaik Kota Pa­riaman yang kurang beruntung, untuk dapat menempuh jenjang pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi (PT).

“Selain SPP dan uang pembangunan, Pemko Pa­riaman juga memberikan uang saku sebesar Rp. 500 ribu perbulan, ditambah bonus kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,75 sebesar RP. 1 (satu) Juta rupiah, sehingga akan membuat mereka lebih bersemangat untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dengan cara belajar dengan sungguh-sung­guh,” tukasnya.

Lebih lanjut ia juga men­jelaskan bahwa pihaknya juga membuat aturan agar beasiswa yang dikucurkan ini, diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai IPK diatas 2,75, karena dengan begitu, para mahasiswa ini merasa bertanggung ja­wab dengan tugas dan kuliahnya.

“Selain dana dari Baznas, kita juga sudah mengucurkan untuk Saga Saja dari APBD, sejak tahun 2019-2020 yang lalu, yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, telah mencapai angka 1 Milyar lebih, dimana untuk tahun 2021 ini, teknis realisasi pembayaranya berada di Bagian Kesra Setdako Pariaman, sehingga total dana yang sudah dikucurkan untuk Saga Saja ini, mencapai 2 Milyar le­bih,” terangnya.

Genius juga berharap agar UPZ yang ada di Kecamatan Pariaman Timur yang mengikuti Bimtek hari ini, dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh.

“Sehingga dana Baznas nantinya akan semakin besar, sehingga dapat didistribusikan untuk masya­rakat yang membutuhkan, termasuk mahasiswa dan mahasiswi program Saga Saja ini,” tandasnya me­ngakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional