Close

Kubang Tangah Ikuti Lomba Desa Tingkat Nasional, Inovasi Bayar Pajak dari Lahan Pertanian dan Perkebunan Warga

FOTO BERSAMA—Kepala Desa Kubang Tengah (tengah didampingi Wako Deri Asta dan Kadfis Sosial Efriyanto berfofo bersama.

SAWAHLUNTO, METRO–Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Se­gar Kota Sawahlunto me­ngikuti Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional.  Kepala Desa Kubang Tangah Rice, dari Jakarta, pada Selasa 06 September 2022, me­ngatakan telah selesai menyampaikan presentasi tentang profil dan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan desa di hadapan 12 orang tim penilai dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

“Setelah menjadi juara di Provinsi Sumatera Barat jadi Desa Kubang Tangah menjadi perwa­kilan Sumbar untuk melaju ke tingkat nasional. Di tingkat nasional ini Alhamdulillah kita sudah masuk ke lima besar terbaik, mohon doa­nya semoga hasil presentasi tadi membawa Desa Kubang Tangah pa­da hasil terbaik,” kata Rice.

Rice menyebut untuk inovasi-inovasi yang telah dilakukan Desa Kubang Tangah antara lain adalah membayarkan pajak dari lahan-lahan pertanian dan perkebunan warga de­ngan tujuan memberi motivasi kepada warga untuk menggarap lahan tersebut.

“Sementara untuk pres­tasi yang telah dicapai, yang terbaru itu a­dalah Juara I Lomba Adi­karya Pangan Nusantara Tingkat Kota Sawahlunto. Sementara untuk status desa dari ukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yakni berkembang de­ngan hasil evaluasi cepat berkembang,” kata Rice.

Rice menyebut partisipasi unsur terkait dan masyakarat termasuk ting­gi di Desa Kubang Tangah sehingga program-program inovasi Pemerintah Desa dapat diterima dan berjalan dengan baik. “Ten­tunya semua gerakan dan inovasi yang berhasil dilaksanakan Peme­rintah Desa Kubang Ta­ngah adalah dengan dukungan dari unsur-unsur terkait seperti BPD, LPM, KAN, Babinkamtibmas dan Babinsa, serta organisasi pemuda/masya­ra­kat. Dan yang paling pen­ting adalah partisipasi dari masyarakat desa, untuk itu semua prestasi ini kami persembahkan untuk warga Desa Kubang Ta­ngah,” kata Rice.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang langsung mendampingi Kepala De­sa Kubang Tangah dalam menyampaikan presentasi itu menyatakan apresiasi pada Desa Kubang Ta­ngah yang telah mampu menjadi wakil dari Sumbar dan siap untuk merebut prestasi terbaik di tingkat Nasional.  “Pemko Sawah­lunto telah dan selalu mem­beri perhatian dan membuat kebijakan/program yang berpihak pada desa dan kelurahan, karena kita menyadari bahwa desa dan kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi salah satu terjemahan dari visi misi Pemkot Sawahlunto itu adalah komitmen program yang mendukung desa dan kelurahan,” kata Deri.

Walikota Deri Asta me­nyebut untuk Desa Kubang Tangah, mengikuti perlombaan tingkat nasional ini bisa juga menjadi momen untuk evaluasi sekaligus melihat referensi dari desa lain di Indonesia.

“Memang tujuan kita berlomba adalah untuk meraih kemenangan. Namun di luar itu kita melihat ada poin lain yang tidak kalah penting yaitu bagaimana pemerintah pusat ikut mengevaluasi Desa Kubang Tangah dan bagaimana inovasi dari desa lain sesama peserta lomba bisa menjadi inspirasi/referensi bagi ki­ta,” kata Deri Asta.

Turut mendampingi Walikota Deri Asta dan Kepala Desa Rice itu yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Provinsi Sumbar Amasrul, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA) Kota Sa­wahlunto Efriyanto, Ketua TP-PKK Desa Kubang Ta­ngah Cyntia Nelta Rice, dan Ketua BPD Desa Ku­bang Tangah Ridwan. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top