Close

Kubang Sirakuk Selatan Tingkatkan Kapasitas Forum Anak

AKTIVITAS—Terlihat aktivas anak anak untuk meningkatan kapasitas Forum Anak Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan.

SAWAHLUNTO, METRO–Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan, Kota Sawahlunto menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas pengurus forum anak menghadirkan narasumber dari Yayasan Ruang Anak Dunia.  Peserta kegiatan adalah Pengurus Forum Anak Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan berjumlah 30 anak di Meer Von Kandi Heritage dibuka langsung Lurah Kubang Sirakuk Selatan

Lurah Kubang Sirakuk Selatan, Rachmadeni melalui siaran pers menyampaikan,  kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas forum anak Kelurahan Sirakuk Selatan sebagai bagian dari program pemerintah Kota Sawahlunto untuk mewujudkan Kelurahan Layak Anak.

”Tahun lalu kami juga melakukan peningkatan kapasitas pengurus yang fokus pada Peranan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor merupakan indikator dalam kelurahan layak anak,” katanya

Namun, tahun ini kegiatan peningkatan kapasitas fokus pada manajemen organisasi melakukan semangat kepemimpinan dan membangun kerjasama tim di pengurus forum anak.

Karena sudah hampir setahun pengurus forum anak ini dibentuk, tentu terdapat tantangan organisasi yang diisi oleh usia anak, maka kegiatan ini diharapkan mampu menambah semangat dan pengalaman forum anak untuk selalu berjuang menjadi pelopor dan pelapor perlindungan anak, sebutnya.

Di samping itu, Forum Anak Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan telah dilibatkan dalam rapat koordinasi pembangunan tingkat kelurahan tahun 2022. ”Kami mendapatkan banyak masukan dari perwakilan pengurus Forum Anak Kelurahan untuk direalisasikan menjadi program mendukung kelurahan layak anak tahun 2022,” kata dia.

Ketua Forum Anak Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan, Raditya Permana mengucapkan terima kasih kepada pembina forum anak di kelurahan yang telah memfasilitasi kegiatan hari ini.

Pertemuan seperti ini kami butuhkan untuk menambah semangat menyuarakan hak-hak anak di kelurahan. Ditambah lagi kegiatannya dilaksanakan di obyek wisata Meer Von Kandi Heritage, sekaligus kami mendapatkan suasana kegiatan yang baru, katanya.

”Insya allah setelah kegiatan ini, kami akan melaksanakan peringatan hari anak nasional tingkat kelurahan melalui perlombaan permainan anak tradisional untuk mengaktifkan kembali permainan anak yang sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak di kelurahan,” ujarnya.

Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana mendukung dan mengapresiasi komitmen Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan untuk meningkatkan kapasitas Forum Anak.  Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Forum Anak memberikan kewajiban kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan program dan pengganggaran kegiatan Forum Anak di Daerah.

”Di samping itu dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 Tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak yang telah menegaskan Forum Anak sebagai indikator kota layak anak nomor 6, sehingga pemerintah wajib memastikan kegiatan Forum Anak dilaksanakan secara optimal melalui peranan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor perlindungan anak,” tuturnya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top