Menu

Kuatkan Lembaga Bamus

  Dibaca : 474 kali
Kuatkan Lembaga Bamus

PDG.PARIAMAN, METRO – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur , kemarin, membuka pelatihan Bamus Nagari dengan tema penguatan kelembagaan Bamus Nagari. Pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan bamus dan kelembagaan bamus. “Kita Pemkab Padangpariaman sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi berguna untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan kita bersama dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai lembaga nagari yang merupakan garda terdepan dalam penyelenggaran pemerintah dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia,” kata Suhatri Bur saat acara, kemarin.

Katanya, peran dan fungsi aparatur lembaga nagari memberikan arti yang sangat penting dalam rangka penyelengaraan pemerintah nagari kedepan diharapkan dapat memberikan masukan dan pencerahaan agar terwujudnya good governance dan good governmen dalam nagari se Kabupaten Padangpariaman.

“Perlu dilaksanakan dan evaluasi kegiatan ini setiap tahun, karena aturan perundang-undangan selalu ada perbahan- perubahan setiap tahun. Mudah-mudahan dengan ada pelatihan semua pemerintahan nagari di Kabupaten Padangpariaman dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran hukum. Apalagi saat ini dana desa atau nagari cukup banyak yang dikelola oleh permintah nagari,” ungkapnya.

Suhatri Bur berharap selesai pelatihan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pelaksanaan bamus menjalankan tugasnya. Pertanggung jawaban kegitan yang dilaksanakan, karena nagari mengelola dana nagari ini merupakan dana dari anggaran pemerintah, oleh kerena itu harus dikelola dengan baik.

Makanya bamus dan walinagari harus mengerati segala jenis aturan. Sebab, dana ini bermanfaat untuk masyarakat dan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat kemudian sama-sama dinikmati masyarakat.

Jadi katanya, kelola dana nagari, dalam pengelolaan ini diharapkan betul-betul transparan. Ia juga mengatakan bahwa hasil kegiatan di pemerintahan sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat selain mengurangi angka pengganguran juga meningkatkan ekonomi rakyat perdesaan seperti mislanya pembangunan jalan dan jembatan atau proyek fisik lainnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional