Menu

Kualitas Air Sungai Batang Arau masih Kelas IV

  Dibaca : 87 kali
Kualitas Air Sungai Batang Arau masih Kelas IV

A. YANI, METRO–Wako Padang Hendri Septa menyambut baik pro­gres yang dilihatkan oleh Mr. Michell Rohmann selaku ‘hydrologist’ dari GIZ-Jerman yang berperan sebagai integrated expert, membantu program Waste Management of Batang Arau River (peningkatan manajemen pengelolaan limbah Sungai Batang Arau).

Pria berkebangsaan Jer­man itu diketahui, telah berada di Padang sejak 28 Maret 2021 lalu, dan akan berada di Kota Bingkuang selama lebih kurang dua tahun. Hal ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerja sama sister city (kota kembar) yang telah terjalin antara Padang-Hil­desheim (Jerman) selama ini.

Wako me­ng­ungkapkan, atas na­ma Pemko mengu­capkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Mr. Michell Roh­mann sebagai tenaga ahli yang akan memberikan tran­sfer ilmu dan hal pen­ting lainnya dalam upaya peningkatan manajemen pengelolaan air limbah sungai di Kota Padang.

Wako pun berharap, kehadiran Mr. Michell Roh­mann bakal mendukung terwujudnya apa yang di­ha­rap­kan dan diidam-idam­­­kan warga Padang se­la­ma ini. Yaitu bagaimana sungai-sungai di Kota Pa­dang, salah satunya Su­ngai Batang Arau bisa menjadi sungai yang bersih dengan kualitas air yang jernih.

Saat ini kata Hendri, kualitas air Sungai Batang Arau masih dalam kategori kelas 4. Diharapkan melalui sentuhan Mr. Michell Roh­mann nantinya bisa bero­bah menjadi kelas 2 (dua).

“Sehingga dengan itu, di samping kualitas air yang bagus, kawasan Su­ngai Batang Arau juga diha­rapkan bisa dipercantik. Ka­rena memang kita juga berkeinginan menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan marina serta ter­dapat Maritim Center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Ter­padu (KWT) nantinya,” te­rang wako.

Dijelaskan, kehadiran Mr Michell Rohmann kali ini ke kediaman resminya yaitu untuk membahas se­ka­ligus melaporkan hasil dari rapat yang dikuti Mr. Michell Rohmann pada dua minggu lalu bersama OPD Pemko. Selain itu melaku­kan pembahasan kondisi Sungai Batang Arau terkini, kondisi sosial masyarakat serta peren­canaan yang dimiliki Pa­dang tentang pengelolaan limbah air Sungai Batang Arau.

Wako juga mengung­kap­kan rasa syukurnya atas informasi yang diteri­ma terkait  adanya ban­tuan dari Pemerintah Kota Hil­desheim sebesar 10 ribu Euro (Rp170 juta) guna mendukung program pe­nge­lolaan  limbah Sungai Batang Arau. Bantuan ini merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lower Saxony, Jerman yang dibe­rikan kepada Pemerintah Kota Hildesheim untuk di­serah­kan kepada Pemko. “In­sya Allah, prosesi pe­nye­rahan bantuan ter­se­but, secara resmi akan dilaksanakan 17 Juni dan akan kita saksikan secara virtual,” jelas dia. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional