Menu

Kroasia vs Spanyol, Vatreni bakal Repotkan Para “Matador”

  Dibaca : 168 kali
Kroasia vs Spanyol, Vatreni bakal Repotkan Para “Matador”
Kroasia akan berhadapan dengan Spanyol di babak 16 besar Euro 2020.

Kroasia akan ber­ha­dapan dengan Spanyol di babak 16 besar Euro 2020. Duel panas ini, kan dihelat di Stadion Parken, Copen­hagen, pada Senin (28/06/2021) pukul 23.00 WIB.

Menghadapi Spanyol yang di­favoritkan juara, Kroasia sebagai tim ku­da hitam dipre­diksi bakal tam­pil all-out dan siap memberi kejutan.

Vatreni -julukan Kroa­sia- tak akan menjadikan pertandingan ini segagai momok menakutkan kala berjumpa Tim Matador Spanyol.

Pasukan Zlatko Dalic ini bakal diperkuat sejumlah pemain matang mulai dari Luka Modric, Ante Rebic, hingga Mateo Kovacic yang akan merepot pasukan Luis Enrique untuk meraih tiket ke 8 besar.

Kroasia dan Spanyol sama-sama lolos sebagai runner-up di grup masing-masing. Mereka juga memastikan kelolosan berkat kemenangan besar di laga terakhirnya.

Kelolosan Kroasia dari Grup D dipastikan berkat kemenangan 3-1 atas Skotlandia lewat gol-gol Nikola Vlasic, kapten Luka Modric, dan Ivan Perisic. Sementara itu, kelolosan Spanyol dipastikan usai menang telak 5-0 atas Slovakia di Grup E.

La Furia Roja menang melalui gol-gol Aymeric Laporte, Pablo Sarabia, dan Ferran Torres, serta dua gol bunuh diri Slovakia.

Dua pertemuan terakhir Kroasia dan Spanyol, yakni di ajang UEFA Nations League pada tahun 2018, semuanya menghasilkan skor besar.

Pada September 2018, Spanyol membantai Kroasia 6-0 di Elche. Spanyol menang lewat gol-gol Saul Niguez, Marco Asensio, Rodrigo, Sergio Ramos, dan Isco, serta bunuh diri Lovre Kalinic.

Setelah itu, pada November 2018, Kroasia ganti menekuk Spanyol di Zagreb dengan skor 3-2. Tiga gol Kroasia dicetak oleh Andrej Kramaric dan Tin Jedvaj (2), sedangkan dua gol Spanyol diciptakan oleh Dani Ceballos dan Sergio Ramos (penalti).

Kali ini, Kroasia dan Spanyol bertemu usai sa­ma-sama menang dengan gol banyak di laga terakhirnya. Kali ini, mereka akan bertarung untuk memperebutkan hak lolos ke perempat final Euro 2020. Siapa yang akan melenggang, dan siapa yang akan tumbang?

Kroasia lolos sebagai runner-up Grup D di belakang Inggris. Di grup ini, Kroasia kalah 0-1 dari Inggris di laga pertama, kemudian imbang 1-1 dengan Republik Ceko, dan akhirnya lolos berkat kemenangan 3-1 atas Skotlandia.

Empat gol Kroasia di Grup D dicetak oleh Ivan Perisic (2), Luka Modric, dan Nikola Vlasic.

Kroasia cuma ka­lah 2 kali di waktu normal dalam 17 per­tandingan Euro terakhirnya (M10 S5 K2).

Kroasia kalah 8 kali dan cuma me­nang 5 kali dalam 16 laga terakhirnya (M5 S3 K8).

Kroasia selalu kebobolan 1 gol di tiap laga dalam 5 laga terakhirnya.

Kroasia sudah pernah 2 kali bermain di Parken Stadium, semuanya melawan Timnas Denmark. Kroasia kalah 1-3 di Kualifikasi Piala Dunia pada September 1997, kemudian menang 2-1 di uji coba Juni 2004.

Spanyol lolos sebagai runner-up Grup E di belakang Swedia. Di grup ini, Spanyol bermain imbang 0-0 dengan Swedia, kemudian 1-1 dengan Polandia, dan akhirnya lolos usai membantai Slovakia 5-0.

Dari 6 gol Spanyol di Grup E, 4 gol dicetak oleh Alvaro Morata, Aymeric Laporte, Ferran Torres, dan Pablo Sarabia, sementara 2 gol lainnya didapatkan lewat bunuh diri 2 pemain Slovakia.

Spanyol tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya, menang 4 kali (M4 S6 K0).

Spanyol cuma menca­tatkan 4 clean sheet dalam 11 laga terakhirnya.

Spanyol menang 15 kali dan cuma kalah 1 kali da­lam 26 laga terakhirnya (M15 S10 K1).

Spanyol sudah 3 kali bermain di Parken Stadium, semuanya melawan Timnas Denmark, dan rekornya adalah M1 S1 K1.

Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique menyatakan sudah tidak sabar ingin menghadapi pertandingan melawan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

“Kami akan bersiap dan percaya diri untuk babak 16 besar dan sudah tidak sabar menjalani pertandingan pada Senin mendatang,” kata Enrique dalam jumpa pers usai laga Slovakia vs Spanyol, seperti dilansir Reuters.

Enrique mengatakan dia sangat kagum dengan permainan anak buahnya yang mulai memperlihatkan taji di Euro 2020. Sebab di dua laga sebelumnya melawan Swedia dan Polandia, Spanyol masing-masing hanya meraih poin satu karena bermain imbang dengan skor 0-0 dan 1-1.

“Kami akan maju selangkah demi selangkah. Saya juga sudah menyampaikan tentang hal yang saya yakini bahwa memenuhi harapan dan saya belum mengubah pendapat itu,” ujar Enrique.

Kroasia kehilangan

Ivan Perisic

Kroasia dipastikan kehilangan Ivan Perisic dalam laga kontra Spanyol karena sang pemain sayap positif COVID-19. Pe­risic tidak bisa berlaga dan harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari ke de­pan.

Artinya, jika ingin bermain lagi, maka Perisic harus berha­rap timnya lolos ke semifinal EURO 2021 dengan catatan hasil tesnya kemudian su­dah negatif.

“Federasi Sepakbola Kroasia menerima hasil tes SARS-CoV-2 yang memperlihatkan bahwa Ivan Perisic mendapatkan hasil positif. Sedangkan anggota tim lain semuanya dengan hasil negatif. Perisic akan melakoni isolasi selama 10 hari dan ti­dak bisa bermain di pertan­dingan berikutnya,” demikian keterangan resmi HNS.

Tanpa Perisic jelas me­rupakan kerugian besar bagi Vatreni, julukan Timnas Kroasia. Pemain Inter ter­sebut merupakan top skor sementara Kroasia di EURO 2021 dengan koleksi 2 gol sepanjang babak grup.

Lantas, siapa yang berpeluang menggantikan Pe­risic? Elvir Islamovic, reporter Timnas Kroasia untuk UEFA, menyebut 4 na­ma. Mereka adalah Ante Rebic, Josip Brekalo, Mislav Orsic, atau Luka Ivanusec. Siapa pun itu, ia akan men­dapatkan tugas berat meng­gantikan peran Perisic. (*/rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional