Menu

Kroasia Tim ke 12 Lolos ke Babak 16 Besar, 4 Tiket Sisa jadi Rebutan 8 Negara

  Dibaca : 179 kali
Kroasia Tim ke 12 Lolos ke Babak 16 Besar, 4 Tiket Sisa jadi Rebutan 8 Negara
FASE grup Piala Ero­pa 2020 sudah men­dekati akhir. Kroa­sia menjadi tim ter­baru yang berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021).

FASE grup Piala Ero­pa 2020 sudah men­dekati akhir. Kroa­sia menjadi tim ter­baru yang berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021). Setidaknya ada seba­nyak 12 tim yang sudah memastikan tempat untuk lolos ke babak 16 besar hingga Rabu (23/6).

Kroasia memastikan langkah ke babak 16 besar Euro 2020 usai menumbangkan Skotlandia dengan skor 3-1 pada laga terakhir Grup D di Hampden Park, Glasgow, Rabu (23/6) dini hari WIB. Pada laga itu, Kroasia berhasil unggul lebih dulu.

Skotlandia yang bermain di hadapan publik sendiri bisa menyamakan kedudukan melalui gol Callum McGregor jelang babak pertama usai. Namun, Kroasia yang bermain lebih baik bisa mencetak dua gol tambahan melalui Luka Modric dan Ivan Perisic di babak kedua.

Hasil ini membuat Kroasia finis sebagai runner up Grup D Euro 2020 dengan empat poin. Kroasia mendampingi Inggris yang lolos sebagai juara berkat raihan tujuh poin. Selain Kroasia dan Inggris, Grup D juga meloloskan satu wakil lainnya yakni Ceko. Ceko lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Kesuksesan ini menjaga asa Kroasia untuk meraih hasil optimal pada Euro 2020 seperti di Piala Dunia 2018. Di turnamen itu, Modric dkk mengakhiri turnamen sebagai runner up karena kalah dari Prancis.

Sementara, Grup A diwakili Timnas Italia, Wales dan Swiss. Italia lolos sebagai juara Grup A diikuti Wales dengan status runner-up. Sementara Swiss melangkah ke babak berikutnya melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Sekadar informasi seperti gelaran Piala Eropa 2016, dari enam tim peringkat tiga, empat di antaranya berhak lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status tim peringkat tiga terbaik.

Swiss dipastikan menyegel peringkat tiga terbaik karena mempunyai poin yang lebih baik ketimbang Ukraina dan Finlandia yang merupakan penghuni peringkat tiga Grup B dan C. Setelah melalui tiga pertandingan, Ukraina dan Finlandia hanya mengemas tiga angka.

Kemudian Grup B meloloskan Belgia sebagai juara grup dan Denmark yang menempati peringkat kedua. Lalu, Grup C diwakili Belanda dan Austria sebagai juara dan runner-up grup. Grup D diwakili Inggris, Kroasia dan dan Ceko.

Sedangkan dua grup tersisa yakni Grup E dan Grup F masih menunggu hasil dari pertan­dingan terakhir untuk menen­tukan tim mana yang berhak melaju ke babak berikutnya. (Sampai berita ini diturunkan pertandingannya sedang berlangsung dinihari tadi).

Sejauh ini, masing-masing grup baru memastikan satu tim yakni Swedia dan Prancis yang sudah pasti lolos setelah mengoleksi empat poin dari dua laga yang mereka main­kan.

Empat tiket lagi yang bakal diperebutkan oleh delapan negara. Dua di antaranya sedang menunggu lewat posisi tiga terbaik, yakni Ukraina dan Finlandia dengan berharap Portugal dibantai Prancis dan Spanyol kalah dari Slovakia. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional