Menu

Kriminal! Wanita Cantik Gadaikan 25 Mobil Rental

  Dibaca : 2293 kali
Kriminal! Wanita Cantik Gadaikan 25 Mobil Rental
M Ali Ramdhani
1-2 UTAMA-SAMBUNGAN (FC).pmd

Koran POSMETRO Padang terbit Sabtu, 21 November 2015.

BUKITTINGGI, METRO–Ada-ada saja ulah perempuan cantik yang satu ini. Bermodal wajah putih dan manis, wanita 31 tahun ini berhasil menggadaikan puluhan unit mobil dengan modus merentalnya terlebih dahulu. Akibat ulahnya, wanita yang diketahui bernama Imnalia Syahril (31) ini harus berurusan dengan polisi dan menghuni kamar prodeo untuk waktu yang lama.

Aksi tipu-tipu wanita yang tinggal di Jalan Adinegoro Aur Kuning, Kecamatan ABTB, Kota Bukittinggi ini pun terhenti setelah Kamis (19/11) sekitar pukul 13.30 WIB. Dia ditangkap personel opsnal dari Polres Bukittinggi ketika berada di kawasan Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota.

Tersangka tidak bisa berkutik lagi ketika dihadapkan pada beberapa korbannya dan mengakui semua perbuatannya. Dia menyebut telah menggadaikan mobil yang dia rental pada beberapa orang yang dikenalnya. Ketika dilakukan penangkapan, polisi langsung menginterogasi wanita muda ini di Polres Limapuluh Kota.
“Dia mengaku sudah menggadaikan mobil yang dia rental sebanyak 18 unit dengan kisaran harga Rp25 juta per unitnya,” ucap Kasat Reskrim Polres Bukittinggi, AKP Albert Zai.

Dari keterangan tersangka kepada penyidik, diketahui tersangka memang merental mobil pada sejumlah orang dengan sistem paket yaitu selama satu bulan dengan pembayaran yang sudah disepakati. Setiap merental mobil orang, tersangka ini selalu meminta STNK mobil tersebut.

Dengan wajah yang manis dan nada bicara yang meyakinkan, tidak satupun para pemilik mobil rental tersebut curiga pada tersangka. Tersangka, menurut Albert, terlebih dahulu mencari orang yang akan menerima gadai. ”Jika sudah dapat, tersangka langsung mencarikan mobil dengan merental. Setidaknya, tersangka menggadainya dengan harga Rp25 juta per unit,” tutur Albert.

Tapi, sehebat apapun modus dari tersangka, tetap saja timbul kecurigaan korban. Sebab, setelah lebih dari satu bulan mobil yang dirental tidak kunjung kembali dan tidak ada kejelasan dari tersangka bahkan sampai tiga bulan. Ketika dihubungi melalui HP, tidak ada jawaban dari tersangka. Maka, korban langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Bukittinggi.

Adanya laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan dan melacak keberadaan tersangka. Akhirnya, diketahui kalau tersangka merental mobil dan membawa kendaraan tersebut ke arah Kabupaten Limapuluh Kota. Polisi langsung melakukan pengintaian dan menemukan tersangka sedang berada di pinggir jalan raya daerah Tanjung Pati.
”Kita temukan dia tengah berada di pinggir jalan daerah Tanjung Pati bersama dengan satu mobil rental yang akan digadainya,” tukas Kasat.
Usai diamankan, petugas langsung melakukan pengembangan. Kamis (19/11) sore, polisi berhasil mengamankan sebanyak 11 unit mobil dari beberapa tempat dan mengamankan ke Polres Bukittinggi. Dari 11 unit tersebut, hanya ada dua laporan polisi (LP), satu LP ada tiga unit mobil dan satu LP lagi ada empat unit mobil.

Sedangkan empat unit mobil lagi berasal dari kawasan lain yakni, dua berasal dari Pekanbaru, satu unit milik warga Bukittinggi serta satu lagi adalah mobil milik leasing. Selanjutnya, polisi masih terus mencari tujuh unit mobil lainnya sesuai dengan pengakuan tersangka yang lokasinya sudah diketahui.
Sampai berita ini diturunkan, pelaku dan 11 unit mobil hasil aksinya masih diamankan di Polres Bukittinggi. Atas perbuatan tersangka ini, dia dijerat pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Kita masih terus melakukan pengembangan,” pungkasnya. (wan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional