Menu

KPU Sumbar Segera Rekrut Petugas Pemutakhiran Data

  Dibaca : 596 kali
KPU Sumbar Segera Rekrut Petugas Pemutakhiran Data
Kantor KPU Sumatera Barat di Jalan Pramuka Kota Padang.

PADANG, METRO
KPU Sumbar akan segera merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bertugas melakukan pendataan pemilih di setiap daerah. Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay Jumat (6/3) menyebutkan, proses pencocokan dan penelitian (Coklit) serta pemutakhiran data akan dilakukan pada Mei mendatang. Sementara, rekruitmen PPDP akan dilakukan (26-3) sampai (15/4) mendatang.

“Rekruitmen PPDP sifatnya usulan, tidak rekruitmen terbuka seperti PPK dan PPS. PPDP sifatnya diusulkan oleh PPS dari unsur rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW),” jelas Gebril Daulay.

Dia menjelaskan, ketua RT atau RW dianggap mengenal daerah dan penduduk setempat. Kemudian, Petugas PPDP harus memahami dinamika kehidupan masyarakat.

“Apakah di daerah itu masyarakat pedagang, petani, atau masyarakat perkotaan karena itu berkaitan dengan keberadaan mereka di rumah,” kata Gebril Daulay.

Jumlah PPDP yakni untuk setiap 400 pemilih, KPU Sumbar akan merekrut satu orang PPDP karena berkaitan dengan kemampuan, waktu, dan tenaga.

Ditambahkan Gebril, petugas PPDP nantinya diimbau untuk melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) secara benar dan sungguh-sungguh. untuk persyaratan petugas PPDP di antaranya tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin, kemudian independen dan tidak berpihak yang mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Yang paling penting memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi informasi. Karena dalam proses pemutakhiran data pemilih, kita menggunakan sistem informasi data Pemilih (Sidalih),” jelas Gebril Daulay.

Lalu, belum pernah dua periode secara berturut-turut sebagai PPDP, karena PPDP diharapkan nantinya menjadi anggota KPPS. Sementara, syarat menjadi PPK, PPS dan KPPS itu dibatasi periodisasinya maksimal dua periode berturut turut.

Kemudian juga persyaratan lainnya, KPU memastikan PPDP bukan anggota parpol dan bukan tim kampanye peserta Pemilu. “Bahkan dihindari bukan saksi peserta Pemilu atau pemilihan supaya posisi netralitas, imparsialitas, dan mandiri bisa terseleksi mulai dari rekruitmen PPDP sehingga jelas posisi penyelenggara,” tutup Gebril. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional