Menu

KPU Padang tak Alokasikan Anggaran Pilgub

  Dibaca : 61 kali
KPU Padang tak Alokasikan Anggaran Pilgub
Ilustrasi KPU

KURANJI, METRO – KPU Padang tidak mengalokasikan anggaran untuk menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pilkada Serentak 2020 nanti. Hal ini dikarenakan, untuk Pilgub tersebut, sepenuhnya anggaran bersumber dari APBD Sumbar.

“Sampai saat ini kita belum mendapatkan arahan dari KPU Sumbar untuk mengalokasikan anggaran di APBD Perubahan 2019 ataupun APBD 2020. Kecuali ada arahan baru dari KPU Sumbar, “ ujar Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Rabu (11/9).

Riki menambahkan, pada Pilgub nanti, KPU Kota Padang hanya sebagai pelaksana. Sedangkan, anggarannya berasal dari APBD Sumbar. Kondisi juga terjadi saat pelaksanaan pilgub-pilgub sebelumnya.

Terkait tahapan Pilgub, menurut Riki, KPU Padang belum melaksanakan kegiatan-kegiatan apapun. Sebab tahapan Pilgub di tingkat kabupaten/kota dimulai awal 2020. “Sekarang kita hanya mengevaluasi tahapan untuk pilkada serentak 2020 dan membuat laporan,” sebut Riki.

Sebelumnya, KPU Sumbar masih menyusun anggaran untuk pelaksaan Pilkada Serentak 2020. Komisioner KPU Sumbar Nova Indra mengatakan, penyusunan anggaran dikebut, baik untuk Pilkada dan Pilgub 2020.

“Sekarang masih dalam tahapan penyusunan anggaran dari seluruh KPU kabupaten dan kota,” ujar Nova Indra, Kamis (5/9).

Nova Indra juga mengatakan, hal itu didasari dari PKPU 15 bahwa setelah tahapan penyusunan anggaran ini KPU akan menuju tahapan sosialisasi.

“Setelah penyusunan anggaran ini selesai, kita akan masuk ke tahapan sosialisasi kepada masyarakat yang dijadwalkan 1 November mendatang,” ujarnya.

Dijelaskan, tahapan-tahapan KPU di tahun 2019 ini, yaitu penyusunan anggaran seluruh kabupaten kota. Kemudian, tahapan sosialisasi kepada masyarakat, serta penyuluhan atau bimbingan teknis kepada KPU kabupaten dan kota, PPK, PPS dan KPPS.

“Pembentukan PPK, PPS dan KPPS juga dilakukan mulai dari 1 November serta pembentukan panitia pengawas dan kabupaten kota,” jelasnya.

Selanjutnya, akan menuju tahapan pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan serta penyerahan daftar penduduk potensial pemilih.

“Pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih penyusunan Daftar Pemilih oleh KPU Kabupaten/Kota dan penyampaian kepada PPS itu sudah memasuki tahun 2020, yaitu tepatnya sesuai jadwal 27 Maret 2020,” pungkasnya. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional