Menu

KPU Musnahkan Ratusan Lembar Surat Suara

  Dibaca : 105 kali
KPU Musnahkan Ratusan Lembar Surat Suara
MUSNAHKAN SURAT SUARA— KPU Kota Pariaman bersama tim memusnahkan surat suara yang rusak dengan cara dibakar.

PARIAMAN, METRO
Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman musnahkan 559 lembar surat suara yang rusak pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumbar dengan cara dibakar.

Ketua KPU Kota Pariaman Aisyah mengatakan, surat suara yang rusak itu merupakan hasil sortir seluruh surat suara yang diterima.

Ia mengatakan, kondisi kerusakan ratusan lembar surat suara tersebut yaitu tidak memiliki nama untuk seluruh pasangan calon, warnanya berbeda, robek, dan terlipat atau mengkerut. “Surat suara rusak karena terlipat atau mengkerut ini cukup banyak dari yang lainnya,” katanya.

Pemusnahan surat suara rusak tersebut dilakukan bersama unsur Pemerintah Kota Pariaman, kejaksaan negeri setempat, TNI, dan Polri serta disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman.

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan setelah dilepasnya pendistribusian logistik Pilkada Sumbar di Pariaman yang langsung ke tingkat Panitia Pemungutan Suara.

Kemudian surat suara yang didistribusikan tersebut mencapai 66.871 lembar yang jumlah itu dilebihkan 2,5 persen dari jumlah pemilih di Pariaman yaitu 65.159 orang.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pariaman Riswan mengatakan kehadiran pihaknya hanya untuk memastikan apakah surat suara rusak tersebut betul-betul dimusnahkan.

Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan oleh Bawaslu karena pihaknya sekarang fokus pada TPS yang berpotensi terendam air ketika hujan. “Hasil pendataan teman-teman di lapangan potensi ini ada, nanti akan kami tinjau ke lokasi,” ujarnya.

Ia menyampaikan jika hal tersebut ditemukan maka pihaknya akan merekomendasikan pemindahan TPS karena dapat mengganggu proses pemberian hak suara di hari pemilihan jika terjadi hujan. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional