Menu

KPU Launching Gerakan Klik Serentak

  Dibaca : 142 kali
KPU Launching Gerakan Klik Serentak
GERAKAN COKLIT— Tampak depan kantor KPU Sumbar di Jalan Pramuka. KPU Sumbar akan menggelar kegiatan Gerakan Coklit serentak pada 18 Juli mendatang.

KHATIB, METRO
KPU RI bersama KPU provinsi dan kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 mendatang, melaunching Gerakkan Klik Serentak (GKS), Rabu, (15/7). Gerakan tersebut bentuk moral KPU untuk memastikan hak pilih masyarakat ada pada pilkada serentak ini.

“Kegiatan itu dilakukan guna meningkatan kualitas daftar pemilih kepastian penyusunan daftar pemilih dengan baik,” ujar Komisioner KPU Sumbar, Nova Indra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/7).

Ia menambahkan, GKS merupakan gerakan mengunjungi website lindungi hak pilihmu.kpu.go.id untuk mengetahui masyarakat mana yang belum terdaftar sebagai pemilih.

“Masyarakat juga bisa langsung mengecek dirinya di website tersebut apakah telah terdaftar atau belum dalam kegiatan gerakkan klik serentak ini,” ucap Nova Indra.

Selain GKS, sambung Nova Indra, KPU Sumbar juga akan menggelar kegiatan gerakkan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak pada 18 Juli 2020 mendatang. Sesuai surat KPU RI Nomor 522 tahun 2020, GCS adalah kegiatan apel kesiapan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebelum proses coklit dilaksanakan.

Kemudian, Nova Indra mengatakan, dalam Gerakkan Coklit Serentak 18 Juli 2020, setiap PPDP agar mendatangi rumah pemilih di masing-masing wilayah kerjanya. Jika dalam gerakan ini ditemukan pemilih yang belum memiliki atau belum melakukan perekaman KTP elektronik, maka PPDP harus memeriksa kartu keluarga yang bersangkutan.

“Hal ini untuk memastikan pemilih tersebut adalah penduduk pada daerah pemilihannya dan dicatat pada formulir A-KWK atau A.A-KWK dengan keterangan belum memiliki KTP elektronik,” tutupnya. (heu)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional