Close

KPU Kota Bukittinggi Mulai Sosialisasikan Pemilu Serentak 2024, Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

SOSIALISASI PEMILU— KPU Kota Bukittinggi mulai melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih tingkat di Kelurahan Benteng Pasa Ateh.

BUKITTINGGI, METRO–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi mulai melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih tingkat kelurahan. Kegiatan ini pertama dilaksanakan di Kelurahan Benteng Pasa Ateh, Rabu (3/11).

Komisioner KPU Bukittinggi Divisi Teknis, Yasrul menjelaskan, kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini dilaksanakan dalam peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum. Di mana untuk Bukittinggi sendiri pada Pilkada 2020 lalu, partisipasi pemilih mencapai 72,9  persen.

“Ini sangat luar biasa. Ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Bagaimana pemilih dapat memberikan hak pilihnya pada pemilu serentak 2024 mendatang. Untuk itu, kita laksanakan sosialisasinya mulai saat ini” ujar Yasrul.

Menurut rencana, lanjut Yasrul, Pemilu serentak akan dilaksanakan tahun 2024. Untuk pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) dengan 5 surat suara, dilaksa­nakan pada 21 Februari 2024. Lima surat suara itu, surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Pre­siden, anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD kabupaten dan kota.

Sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan dua surat suara, dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada 27 November 2024. Dua surat suara itu, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota atau Bupati dan Wakil Bupati.

“Seperti tahun tahun sebelumnya, pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu. Pencalonan pilkada 2024, didasarkan pada perolehan pemilu 2024,” jelas Yasrul.

Lurah Benteng Pasa Ateh, Hendra Antony Hatta mengapresiasi, langkah dari KPU untuk melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Hal ini tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat, karena pemilihan umum akan dilaksanakan serentak tahun 2024 mendatang.

Kami tentunya berterima kasih kepada KPU Bukittinggi. Kegiatan ini akan menambah pengetahuan kita tentang pemilihan umum. Selanjutnya, peserta sosialisasi kali ini, diharapkan dapat menyampaikan pula kepada masyarakat lainnya, keluarga dan tetangga di sekitar kita. Pesta demokrasi ini, menyampaikan hak pilih kita. Jangan diabaikan, karena kita sebagai pemilih, suara kita, tentu ikut menentukan masa depan bangsa,” ungkapnya.(pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top