Menu

KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu

  Dibaca : 43 kali
KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu
Ilustrasi KPU gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara

SOLOK, METRO – KPU Kota Solok menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 bertempat di Istiqlal Park Lapangan Merdeka, Kamis (11/4). Simulasi ini dihadiri Ketua KPU Kota Solok, Forkopimda, perwakilan DPRD Kota Solok, Kesbangpol, Camat, PPK dan PPS se-Kota Solok, Ketua dan Anggota KPPS se-Kota.

Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil menjelaskan, tujuan diadakannya simulasi ini adalah untuk memastikan kelancaran dan antisipasi hal-hal yang akan terjadi pada saat acara Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“KPU berharap dengan adanya simulasi ini semua KPPS dan undangan yang hadir dapat melaksanakan pemilu dengan cermat dan teliti,” ujarnya.

“Nanti akan ada tata cara bagaimana menangani pemilih yang menggunakan e-KTP, yang menggunakan kartu A-5, penyandang tuna grahita dan pemilih lainnya yang akan turut serta memberikan hak pilihnya,” lanjutnya.

Simulasi pemilu ini dimulai dengan pengucapan sumpah janji anggota KPPS dengan syarat semua anggota KPPS, petugas keamanan TPS, saksi, pengawas TPS dan pemantau telah hadir di TPS tepat pukul 07.00 waktu setempat.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembukaan surat suara yang masih tersegel di dalam kotak suara dengan memperlihatkan kepada saksi dan yang lainnya. Dalam gelar simulasi ini, juga dihadirkan banyak masalah-masalah yang akan mungkin dihadapi pada saat pemilu dan solusi yang diberikan agar bisa berjalan dengan lancar dan tertib.

Setelah selesai waktu pemungutan suara pukul 13.00, diadakan simulasi penghitungan surat suara. Tahapan penghitungan surat suara ini sangat dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan penghitungan. Pada simulasi penghitungan surat suara ini juga dipraktikkan dan diperlihatkan model surat suara yang sah dan tidak sah.

Menurut salah satu ketua KPPS yang hadir dengan adanya simulasi ini dapat menambah ilmu dan bisa mengantisipasi hal-hal yang ada di lapangan nanti dan berharap pemilu berjalan lancar jujur dan adil. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional