Menu

KPU Agam Libatkan Masyarakat, 371.604 Surat Suara Dilipat dan Disortir

  Dibaca : 553 kali
KPU Agam Libatkan Masyarakat, 371.604 Surat Suara Dilipat dan Disortir
PELIPATAN SUARA—Untuk melakukan pelipatan dan menyortir surat suara di Pilkada Agam sebanyak 371.604 eksemplar,KPU melibatkan ratusan masyarakat.

AGAM, METRO
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melibatkan masyarakat untuk membantu melipat surat suara Pilkada Serentak 2020. Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni mengatakan, ada 186 masyarakat umumnya pemuda-pemudi yang dilibatkan untuk bekerja melipat surat suara Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang.

Proses pelipatan suara diawasi tim KPU, anggota Bawaslu dan pihak kepolisian. “Surat suara yang akan dilipat dan disortir masyarakat sebanyak 371.604 eksemplar, khusus untuk Pilkada bupati dan wakil bupati. Belum termasuk surat suara Pilkada gubernur dan wakil gubernur,” ujar Riko, Jumat (27/11) di GOR Rang Agam.

Surat suara untuk Pilkada gubernur dan wakil gubernur belum diterima dari pusat. Ia mengharapkan, dalam waktu dekat ini surat suara Pilgub sudah tiba, sehingga proses pelipatan dan penyortiran juga bisa segera dilakukan. Riko menjelaskan, pihaknya melibatkan masyarakat membantu KPU dalam kegiatan tersebut untuk mempercepat proses penyelesaian logistik surat suara. Pasalnya, dalam satu hari ini, proses penyortiran dan melipat suara harus selesai.

Ia menerangkan, pelipatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ditargetkan malam ini dapat terselesaikan dengan baik. Pekerja lipat surat suara itu harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, memakai hand sanitizer, dan dicek suhu tubuh sebelum memasuki ruang pelipatan. “Malam ini kita targetkan selesai. Setelah itu, langsung dibawa ke gudang logistik KPU,” ujar Riko.

Sementara itu, surat suara yang rusak disisihkan dan nantinya disampaikan ke percetakan di Surabaya untuk meminta jumlah kekurangan. Pilkada Agam, 9 Desember nanti akan diikuti oleh empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, masing-masing pasangan nomor urut 1, Taslim- Syafrizal, nomor urut 2 Hariadi-Novi Hendri, nomor urut 3 Trinda Farhan Satria- M. Kasni dan nomor urut 4 Andri Warman-Irwan Fikri.

Untuk Pilkada gubernur dan wakil gubernur juga diikuti empat pasang, nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni, nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, nomor urut 3 Fakhrizal- Genius Umar dan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional