Close

KPPI Agam Gelar Muscab, Tingkatkan Peranan dan Fungsi Perempuan

Kepala Kesbangpol Agam, Budi Prawira Negara

AGAM, METRO–Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Agam gelar Musyawarah Cabang (Muscab) di aula Kantor Dinas Dalduk KB PPPA, Lubuk Basung, baru-baru ini.

Muscab tersebut dibuka Bupati Agam diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara.

Ketua KPPI Kabupaten Agam Nilawati mengatakan, Muscab diselenggarakan dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi perempuan dalam pembangunan politik di Kabupaten Agam. “Kegiatan ini diikuti anggota pengurus KPPI, mereka merupakan anggota partai politik peserta pemilu,”katanya

Sementara itu, Kabid Kualitas Hidup Perempuan DP3AP2KB Provinsi Sumbar, Mulyadi mengatakan pihaknya mendukung kegiatan KPPI Agam.

“Karena keberadaan KPPI ini adalah organisasi yang membantu perempuan untuk menda­pat­kan yang membantu perempuan untuk mendapatkan hak berpartisipasi da­lam berpolitik,”katanya.

Selain itu, ia meminta kepada Pemkab Agam me­lalui Dinas Dalduk KB, PP dan PA supaya dapat mem­bantu KPPI Agam agar tetap maju dan berjaya.

Bupati Agam diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara mengatakan, isu tentang peranan perempuan selalu hangat dibicarakan dalam berbagai bi­dang pembangunan.

Hal ini dapat dilihat, tambahnya dari adat minangkabau dimana perempuan memegang peranan yang tinggi, karena pada adat minangkabau perempuan dijadikan sebagai keagungan baik da­lam berkaum maupun berkeluarga.

“Kita mengetahui perempuan di Minangkabau sejak dulunya memiliki hak suara yang sama dengan laki-laki. Keikutsertaan perempuan dalam keputusan publik, dapat mencegah segala bentuk kebijakan yang tidak berpihak kepada perempuan,”tukasnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top