Menu

KPKNL) Kota Bukittinggi Gali Potensi Sumber Penerimaan Negara

  Dibaca : 102 kali
KPKNL) Kota Bukittinggi Gali Potensi Sumber Penerimaan Negara
Novera Kasi Pelayanan Kekayaan Negara KPKNL Bukittinggi.

Kantor Pelayanan Ke­kayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Bukittinggi terus menggali potensi Pe­nerimaan Negara Bukan Pa­jak (PNBP) sepanjang tahun 2021,Dari penggalian potensi tersebut KPKNL berhasil merealisasikan PNBP se­besar Rp1,7 miliar. “Dari ta­hun 2021 ini KPKNL Bu­kit­tinggi mempunyai target PNBP dari pengelolaan BMN sebesar Rp3,95 Miliar dari total PNBP secara nasional, sampai dengan awal Agustus 2021,sementara PNBP dari pengelolaan BMN mencapai Rp1,75 miliar,” ungakap Kasi Pelayanan Kekayaan Ne­gara KPKNL Bukittinggi, No­vera di Bukittinggi dalam gelaran bincang santai ber­sama KPNKL Bukittinggi, yang juga turut dihadiri K­a­kan­wil DJKN Sumbar Riau, Sudarsono dan Kepala KP­KNL Bukittinggi Hermawan Sukmajati beserta jajaran.

Direktorat Jenderal Ke­kayaan Negara (DJKN) se­laku pelaksana fungsional atas kewenangan dan tang­gung jawab Menteri Ke­ua­ngan selaku Pengelola Aset Negara. Dalam hal ini Barang Milik Negara (BMN) ber­wenang menetapkan peman­faatan BMN yang berada pada pengguna barang yakni kementerian dan lembaga dengan memberikan kuasa pengelola barang pada Ke­pala KPKNL.

“DJKN sebagai revenue center terus berupaya untuk memberikan kontribusi da­lam penerimaan negara me­lalui setoran ke kas negara sebagai PNBP dari pelayanan lelang, pengelolaan keka­yaan Negara, dan pengu­rusan piutang Negara,” kata Kakanwil DJKN, Sudarsono.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan oleh DJKN merupakan perwujudan dari visi DJKN yaitu, “Menjadi pengelola kekayaan Negara yang professional akuntable yang produktif secara optimal untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

“Adapun bentuk pe­man­faatan yang dapat dila­kukan terhadap BMN yakni sewa, pinjam pakai, kerja sama pe­manfaatan (KSP), Bangun Gu­na Serah atau Bangun Serah Guna (BGS/BSG), kerja sama penye­diaan infrastruk­tur (KS­PI), Kerja Sama Ter­batas untuk Pe­nyediaan In­frastruktur (Ke­tupi),” kata Sudarsono.

Menurutnya, masing-ma­sing bentuk pemanfaatan memiliki ketentuan sesuai PP 28 tahun 2020 tentang pe­rubahan atas peraturan pe­merintah nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara.

Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan mengatakan pi­hak­nya juga mengopti­mal­kan beberapa program se­perti menggali Potensi Le­lang UMKM melalui Aplikasi Lelang Indonesia, Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Crash Program dan me­mak­simalkan layanan penilaian. “KPKNL Bukittinggi juga se­cara aktif memberikan la­yanan Penilaian dan asis­tensi atas Barang Milik Da­erah (BMD) pada Pemerintah Daerah yang berada di wi­layah kerja KPKNL Bukittinggi dengan harapan dapat turut andil dalam pengelolaan B­MD yang lebih akuntabel,” kata Hermawan. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional