Menu

KPK Panggil Setnov lagi

  Dibaca : 64 kali
KPK Panggil Setnov lagi
DIPANGGIL KPK— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil mantan Ketua DPR RI Setya Novanto untuk diperiksa sebagai saksi

JAKARTA, METRO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara dugaan suap terkait kontrak kerja sama proyek pembangunan PLTU Riau-1. Kali ini, Novanto akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

“Kami panggil sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir),” kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (14/5).

Dalam pengembangan perkara, KPK telah menetapkan status tersangka kepada Sofyan Basir dalam perkara suap terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1. Penetapan itu dilakukan usai KPK mencermati adanya peran aktif dari Sofyan dalam mengatur jalannya proyek tersebut.

Peran tersebut terlihat dari aktifnya Sofyan terlibat dalam sejumlah pertemuan guna membahas kelanjutan proyek. Sofyan diduga berulang kali membahas terkait berjalannya proyek PLTU Riau-1 termasuk penunjukan Johannes BKotjo untuk menangani proyek tersebut.

KPK menduga Sofyan bersama-sama dengan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih dan mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menerima suap dari pemegang saham Blackgold Natural Resources Johannes B Kotjo.

Nama Sofyan Basir kemudian masuk ke dalam surat dakwaan Kotjo dan Eni Saragih. Ia disebut sembilan kali melakukan pertemuan yang membahas mengenai PLTU Riau-1. Pertemuan itu baik dengan Setya Novanto, Eni Saragih, maupun Kotjo.
Pada saat dihadirkan sebagai saksi, Sofyan mengaku melakukan pertemuan sembilan kali dengan Eni terkait pembahasan proyek PLTU Riau 1. Sofyan menyebutkan salah satu pertemuan digelar di rumah pribadinya, saat itu hadir Eni, Idrus Marham, dan Kotjo.

KPK menjerat Sofyan Basir dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional