Close

KPK Janji Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Gibran dan Kaesang

Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

JAKARTA, METRO–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menindaklanjuti laporan dugaan korupsi terhadap dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Lembaga antirasuah mengklaim tidak pandang bulu mengusut setiap laporan dugaan korupsi.

“KPK tidak melihat anak siapa, tidak melihat bapaknya siapa. KPK akan menindak lanjuti sesuai prosedur ketentuan peraturan perundang-undangan maupun SOP di KPK untuk menelaah lebih lanjut,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Perada, Jakarta Selatan, Selasa (11/1).

Ia memastikan, akan membeberkan hasil penelahaan tersebut. KPK tak segan menaikkan laporan ke penyidikan jika ditemukan bukti permulaan yang cukup.

 “Setelah kemudian dilidik baru kemudian naik ekspos untuk sidik atau tidak,” ucap Ghufron.

Menurut Ghufron, setiap laporan dugaan korupsi akan ditangani sesuai prosedur. Sampai saat ini, pihaknya masih menelaah laporan tersebut.

“Jadi KPK akan melakukan proses sesuai ketentuan perundang-undangan dan SOP. Tidak karena siapa yang dilaporkan dan siapa melaporkan,” tegas Ghufron.

Dalam laporannya, mantan aktivis 98 Ubedilah Badrun menduga adanya keterlibatan Gibran dan Kaesang terkait dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) karena hubungan relasi bisnis dua anak Jokowi dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan.

“Laporan ini terkait dengan dugaan Tipikor atau TPPU berkaitan dengan dugaan KKN relasi bisnis anak Presiden dengan group bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan,” ucap Ubedilah di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top