Close

KPI Pusat Lakukan Kunjungan ke Kabupaten Agam

CINDERAMATA— Wabup Agam menerima cinderamata dari Komisioner Lembaga Negara Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Agam, Selasa (2/8).

AGAM, METRO–Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat melakukan kunjungan ke Kabupaten Agam. Rombongan berjumlah 45 orang itu dipimpin Komisioner Lembaga Negara, Yuliandre Darwis dan disambut langsung oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah, di Rumah Dinas Bupati Agam, Selasa (2/8).

Dalam hal ini, Wabup Agam turut didampingi Sekdakab Agam, Edi Busti, Ketua TP PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman, Ketua Darmawanita Agam, El Edi Busti dan beberapa pimpinan OPD.

Menururt Irwan Fikri, kunjungan ini akan lebih mempererat silaturahmi antara Pemkab Agam dengan KPI, baik yang ada di pusat maupun daerah.

“Selamat datang kita sampaikan pada rombongan KPI. Kita menyadari pentingnya fungsi KPI da­lam menciptakan keamanan dan ketertiban penyiaran, terutama berkaitan program pemerintah daerah pada masyara­kat,”ujarnya.

Untuk itu, ia mendu­kung program dan terobo­san-terobosan KPI, yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif. Bahkan menurutnya juga bisa menekan terjadinya penyalahgunaan hak penyiaran seperti, berita hoax baik di media mainstream maupun media sosial.

“Ini penting karena bisa membantu untuk menciptakan Kabupaten Agam jadi daerah yang penuh kedamaian dan ketentraman. Tidak hanya itu, keberadaan KPI tentu dapat mengantisipasi potensi konflik yang dapat mengganggu jalannya roda pe­me­rintahan,”kata Irwan Fikri.

Sementara itu, Komisioner KPI Pusat Yuliandre Darwis menyebutkan, kunjungannya ini untuk sharing informasi mengenai bagaimana meliterasi publik dalam sebuah penyiaran di Kabupaten Agam.

“KPI mengawasi 1.106 channel televisi, 16 induk jaringan TV nasional, 379 TV berlangganan seperti MNC Vision, Frist Media, serta 600 TV lokal termasuk yang diawasi KPI Sumbar, sisanya adalah TV Lembaga Penyiaran Publik dan TV Komunitas,”terangnya.

Tahun ini katanya, KPI bersepakat dengan Omnibus Law untuk menswitch off seluruh televisi analog ke digital. Kelebihannya adalah kekuatan capital dalam Tower TV akan dibagi sama rata antara TV jaringan dengan TV lokal yai­tu, dengan cara 1 tower untuk bersama sehingga kualitas dari gambar dan suara akan jauh lebih meningkat.

“Ini merupakan kesempatan TV lokal untuk menciptakan suatu konten yang brilian. Bahkan KPI berupaya akan membantu meng­ekspos berbagai hal yang menarik di Kabupaten Agam. Titipkan kepada kami hal-hal yang menarik di Agam, bisa kami bantu menarasi dan visualkan untuk disampaikan kepada industri,”pungkasnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top