Close

Kota Solok Layak Anak Butuh Dukungan Kecamatan dan Kelurahran

SOLOK, METRO–Pemko Solok melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok menyelenggarakan sosia­lisasi dan penandatanganan komitmen mewujudkan kecamatan dan kelurahan layak untuk mendukung Kota Solok Layak Anak.

Kepala PPPA Kota Solok Delfianto menyebutkan, Kota Solok memiliki 2 kecamatan dan 13 kelurahan dengan jumlah penduduk usia anak di Kota Solok ada­lah 26.503 jiwa. Sosia­lisasi kecamatan dan kelurahan Layak Anak di Kota Solok merupakan bentuk komitmen Pemko Solok untuk Mewujudkan Kota Solok Layak Anak.

Pemko ke depan akan mendorong program nasional perlindungan anak melalui penyelenggaraan Kota Layak Anak (KLA) akan terlaksana pada ting­kat kecamatan dan kelurahan, sehingga kelurahan dan kecamatan sangat ber­peran untuk memastikan pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak terwujud.

Ia menyebutkankan, perangkat hukum daerah sudah dibentuk di Kota Solok untuk mendukung KLA, antara lain Peraturan Wali Kota Solok Nomor 38 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak, Pe­raturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kawasan Tanpa Rokok, Pe­raturan Daerah Kota Solok Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Per­­lindungan Perempuan dan Anak “ Kami berharap dari sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman unsur kecamatan dan kelurahan untuk memenuhi indikator kecamatan dan kelurahan layak anak yang ke depan akan terlaksana dalam bentuk program dan anggaran,” ujarnya.

Selain kegiatan sosia­lisasi, pihaknya juga me­nandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan kecamatan dan kelurahan layak anak demi mendukung Kota Solok Layak Anak.

Komitmen tersebut be­risi poin mengoptimalkan peranan Gugus Tugas Kecamatan dan Kelurahan Layak Anak untuk mewujudkan Kecamatan dan Kelurahan Layak Anak. Kemudian, meningkatkan pe­ranan pemerintah lembaga masyarakat, dunia usaha, dan media masa untuk mewujudkan Kecamatan dan Kelurahan Layak A­nak. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top