Menu

Kota Solok Hasilkan 125 Kubik Sampah Sehari, Zul Elfian: Kurangi Penggunaan Kantong Plastik!

  Dibaca : 51 kali
Kota Solok Hasilkan 125 Kubik Sampah Sehari, Zul Elfian: Kurangi Penggunaan Kantong Plastik!
BERTEMU PEDAGANG— Wali Kota Solok, Zul Elfian bertemu dan berbincang dengan salah seorang pedagang saat mengunjungi Pasar Raya Solok.

SOLOK, METRO – Persoalan sampah masih menjadi menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Salah satunya, Wali Kota Solok, Zul Elfian meminta masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Meski sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat mengunakan kantong plastik dalam berbagai keperluan, setidaknya pemahaman dampak sampah plastik tehadap lingkungan perlu disampaikan kepada masyarakat. “Manfaatkan tas belanja pakai ulang untuk mengurangi penggunaan sampah plastik terutama bagi warga saat berbelanja di Pasar Raya,” ajak Zul Elfian.

Ia menambahkan, sampah plastik memang menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Jenis sampah ini terbilang banyak ditemui. Dalam mengatasinya, juga sulit lantaran merupakan sampah yang susah terurai.

Menurut Zul Elfian, dengan membudayakan pemanfaatan kantong plastik secara pakai ulang, akan memperkecil penggunaan kantong plastik dan mengurangi sampah plastik. Ia berharap warga untuk tidak membuang sampah terutama berbahan plastik ke dalam sungai yang ada karena dapat merusak lingkungan dan habitat sungai.

“Mari kita pilah-pilah sampah rumah tangga dan lingkungan, mana yang bisa didaur ulang sebaiknya kita jadikan kompos. Sementara sampah yang tidak bisa didaur letakkan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada,” ungkap Zul Elfian.

Dalam memelihara lingkungan dari sampah, Zul Elfian mengingatkan masyarakat untuk membudayakan gotong royong lingkungan pemukiman. Lingkungan yang bersih dan asri mendukung peningkatan derajat kesehatan.

“Sehat bermula dari kebiasaan kita terutama dalam menjaga pola hidup, pola makan dan kebersihan diri, rumah dan lingkungan pemukiman,” ujarnya.

Dari data Dinas Lingkungan Hidup, dalam sehari Kota Solok menghasilkan sampah lebih kurang 125 kubik, baik sampah rumah tangga dan lingkungan pemukiman, termasuk sampah Pasar Raya Solok. Masih banyak diantaranya merupakan sampah plastik.

“Dengan adanya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, akan sangat membantu mewujudkan lingkungan Kota Solok yang sehat, nyaman dan asri,” ungkapnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional