Close

Kota Solok Dinilai Sebagai Kota Stop BABS, Capai Target Open Defecation Free jadi Perhatian

TIM PENILAI— Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra memperlihatkan brosur pada tim penilai.

Kota Solok dinilai sebagai kota stop buang air besar sembarangan (BABS). Upaya ini salah satu indika­tor dalam percepatan penurunan stunting di Kota Solok. Menurut Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengungkapkan upa­ya Pemko Solok dalam mencapai target Open Defecation Free men­jadi salah satu perhatian. Dengan diterimanya penghargaan terse­but, lanjutnya artinya seluruh wilayah di Kota Solok telah terbebas dari perilaku buang air besar sem­barangan.

“Sukses dalam pelaksanaan program STBM tidak terlepas dari peran semua pihak baik peme­rintah, masyarakat dan semua elemen yang terlibat Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat yaitu Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Sementara, Ketua HAKLI Kota Solok Wendri Herman mengatakan, apa yang diraih Pemko Solok juga sebagai bentuk apresiasi pemerin­tah pusat atas kemampuan Pemko solok dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis lima pilar STBM,. Di antaranya stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah serta pengelolaan limbah cair.

“Penghargaan STBM Berkelan­jutan mewajibkan daerah mencapai 100% stop buang air besar semba­rangan serta membuat inovasi kesehatan yang sifatnya member­dayakan dan bermanfaat kepada masyarakat,” katanya.

Ia terus mengajak seluruh kom­po­nen pemangku kepentingan dan masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan membudayakan STBM demi mencegah stunting dan penyakit menular berbasis lingkungan. “Ke depannya kita berharap Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 5 pilar berkelanjutan bisa kita raih, tentunya dengan inovasi-inovasi dan komitmen serta duku­ngan dari semua pihak,” harapnya. Hal ini tambahnya untuk mewujud­kan Kota Solok yang bersih dan nyaman bagi masyarakatnya. Pem­ko Solok terus mendukung upaya perbaikan akses sanitasi sehingga melalui kolaborasi program yang berkelanjutan. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top