Close

Kota Padang Terima DID Rp 24,3 Miliar, Wako Hendri Septa: Kita Gunakan untuk Pembangunan

PIMPIN RAPAT— Wali Kota Padang, Hendri Septa saat rapat bersama OPD terkait pengelola Dana Insentif Daerah (DID).

PADANG, METRO–Pemerintah Kota Padang men­dapatkan Dana Insentif Da­erah (DID) tahun anggaran 2022 dari Kementerian Keuangan Re­publik Indonesia senilai Rp 24,3 miliar. Dana tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dari Pe­merintah Pusat atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan tepat waktu dalam penyusunan APBD Kota Padang 2021.

Atas nama Pemerintah Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa me­ngucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan yang dibe­rikan. Bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan Kota Padang yang lebih baik.

“Sebagaimana perun­tukkannya, maka dana DID ini akan kita gunakan untuk pembangunan fisik seperti pembangunan ruang kelas baru, sarana prasarana kesehatan dan pemba­ngunan pasar,” ucap Wako Hendri Septa, usai meng­gelar rapat bersama OPD terkait pengelola DID, Minggu (5/6).

Sementara itu Kepala BPKAD Kota Padang Budi Payan menjelaskan, dana ini dikelola oleh Dinas Ke­sehatan, Dinas Perda­ga­ngan, dan Dinas Pen­did­ikan Kota Padang.

“Dana ini sudah kita distribusikan dalam DPA SKPD, yang pertama untuk Dinas Pendidikan akan di­ba­ngun SMP 43 di Kelu­rahan Bungo Pasang, Keca­matan Koto Tangah senilai Rp 10,8 miliar, Dinas Kese­hatan Rp6,2 miliar digu­nakan untuk perbaikan pus­kemas pembantu dan Rp7,2 miliar untuk rehab Pasar Raya Padang dan 6 pasar pembantu, serta pem­­buatan DED Pasar Raya Fase 7,” sebutnya.

Ditambahkan oleh Budi Payan, untuk pencairan DID ada beberapa persya­ratan yang harus dileng­kapi, diantaranya membuat laporan tentang rencana penggunaan ang­garan dan membuat ren­cana realisasi anggaran kegiatan.

“Jika persyaratan ter­sebut sudah kita lengkapi maka DID ini akan bisa kita terima pada Juni ini. Untuk tahap ini akan cair sebesar 50 persen,” ucapnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten Pere­konomian dan Pemba­ngu­nan Endrizal, Inspektur Syuhandra, Kepala Bap­peda Yenni Yuliza, Kepala Dinas Perdagangan An­dree Al Gamar, Kepala BKPSDM Arfian, Kepala Dinas Kesehatan Sri Kur­niati dan unsur Dinas Pendidikan Kota Padang. (*/tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top