Menu

Kota Padang Peringati Haornas ke-38, ”Olahraga itu Industri Menjanjikan”

  Dibaca : 64 kali
Kota Padang Peringati Haornas ke-38, ”Olahraga itu Industri Menjanjikan”
SERAHKAN PENGHARGAAN— Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan penghargaan wartawan olahraga terbaik, Adril Mahaputra, saat Upacara Peringatan Haornas ke-38 tingkat Kota Padang tdi Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Balai Kota Padang, Kamis (9/9) pagi.

AIAPACAH, METRO–Di tengah momentum peringa­tan Hari Olahraga Nasional (Haor­nas) ke-38 ting­kat Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa menyam­paikan pesan akan pentingnya olah­raga da­lam kehidupan manusia se­hari-hari.  Olahraga mem­­punyai peran sangat pen­ting da­lam ke­hidupan ma­nusia. Olahraga harus men­jadi gaya hidup (life sty­le), apa­lagi di masa pan­demi Co­vid-19 saat ini.

Hal itu disampaikan Wa­ko saat menjadi pembina Upacara Peringatan Haornas ke-38 tingkat Kota Padang tahun 2021 di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Balai Kota Padang, Kamis (9/9) pagi. Hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda Pa­dang, Ketua Terpilih KONI Kota Padang Yusra MS beserta pengurus dan se­jumlah pimpinan OPD di Pem­ko Padang. Selain itu juga hadir kontingen Sum­bar dari Kota Padang yang akan berlaga di Pekan Olah­raga Nasional (PON) XX Papua yang terdiri dari 98 orang atlet dan pelatih.

Hendri menyebut, olah­raga merupakan instrumen penting dalam pendidikan, bukan hanya pendidikan jasmani tapi juga pendi­dikan karakter.

“Olahraga adalah in­stru­men meningkatkan pro­duktifitas. Produktifitas tentu tak bisa ditingkatkan tanpa ada kesehatan pri­ma,” sebutnya.

Wali kota milenial itu berpesan walaupun di ma­sa pandemi, olahraga ha­rus jadi keseharian atau gaya hidup semua warga Kota Padang.

Lebih lanjut Hendri Sep­ta juga menyinggung harapannya kepada para atlet Kota Padang. Atlet Kota Padang tekannya, harus unggul dari atlet daerah lain.

“Atlet Kota Padang ha­rus mampu berprestasi, tidak saja di tingkat provinsi dan nasional nakun juga dunia tentunya,” ujarnya  dalam Upacara Haornas ke-28 bertemakan Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonssi Maju itu.

Di sisi lain, wako me­nye­but olahraga tidak saja menyehatkan tubuh. Akan tetapi juga mampu men­dongkrak perekonomian. “Olahraga juga bisa men­jadi salah satu instrumen pendongkrak ekonomi da­erah dan nasional,” ujar Hendri Septa.

Dijelaskan Wali Kota Hendri Septa, olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas. Seperti industri pakaian, sepatu, bola, media dan penyiaran, souvenir, piala, stiker, dan lainnya.

“Industri ini akhirnya melibatkan UMKM hingga perusahaan raksasa,” jelas Hendri Septa.

Tidak saja mampu men­­dongkrak pereko­no­mian. Olahraga juga dapat me­ngem­bangkan sport tou­rism. Apalagi saat ini, sport tourism menjadi tren baru yang pasarnya sa­ngat luas. Serta memberi efek besar ke­pada pere­kono­mian. “Ki­ta memiliki tempat pe­ngem­­ba­ngan sport tourism, mulai dari pantai, laut, su­ngai, bukit, pulau dan lain­nya,” jelas Hendri Sep­ta.

Potensi itu menurut wali kota, akan dapat dimak­simal­kan. Terutama untuk acara olahraga di alam bebas. Seperti menyelam, bersepeda, atletik, dan lainnya.

“Setelah pandemi ber­akhir ini adalah peluang yang harus dapat diman­faat­kan dengan sebaik-baik­nya dalam rangka me­ngem­bangkan sport tourism di Kota Padang,” ung­kap wali kota.

Dalam upacara ter­se­but Wali Kota Hendri Septa juga menyerahkan peng­hargaan dari Pemko Pa­dang kepada pembina olah­raga terbaik, pelatih ter­baik, atlet terbaik dan ter­masuk wartawan terbaik di bidang keolahragaan.

“Atas nama Pemko Pa­dang kami mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut. Penghargaan ini merupakan prestasi, dedi­kasi dan atensi yang sangat baik dalam memajukan dan mengembangkan olah­ra­ga di Kota Padang. Semoga hal ini dapat memotivasi insan olahraga yang lain untuk melakukan hal yang sama,” harap wako menye­ma­ngati.

Terakhir dalam ama­nat­nya Hendri Septa juga mengajak hadirin turut me­lepas dan mendoakan para kontingen Sumbar dari Kota Padang yang akan berlga di PON XX Papua.

“Mari kita lepas dan doa­­kan bersama agar para at­­let dapat menjadi pe­juang-pejuang tangguh yang akan memper­sem­bah­­­kan prestasi terbaik dan akan mengharumkan na­ma Sumbar dan Kota Pa­dang pada event nasio­nal ter­sebut,” pungkasnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional