Close

Kota Padang Miliki 49 Ribu Pelaku UMKM, Banyak yang Gulung Tikar Sejak Pandemi

UJUNG GURUN, METRO–Geliat pelaku usaha kecil di Kota Padang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hingga saat ini, sudah tercatat ada sebanyak 49.000 pelaku UMKM yang menggeluti berbagai bidang usaha.

Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Teinike mengatakan puluhan ribu pelaku usaha itu bergerak dibidang usaha makanan, pakaian, dan lainnya. Namun, meski jumlahnya 49.000, namun Diskop dan UMKM Kota Padang mencatat ti­dak semuanya yang aktif menjalankan usah.

“Saat ini ada yang aktif dan tidak. Pelaku usaha yang ada saat ini terus dibina dan diberi pelatihan. Ini agar usaha berkem­bang pesat serta berta­han,” ujar Teinike, Rabu (23/11).

Ia mengatakan, pem­ber­dayaan yang diberikan pada pelaku usaha yakni pengem­bangan usaha yang dimiliki, cara kema­san agar berdaya tarik.­Untuk UMKM yang tak aktif lanjutnya,  penyebabnya karena ada pandemi di awal tahun 2020. Sehingga banyak pelaku usaha yang memilih tutup dan banyak juga yang gulung tikar, karena daya beli menurun tajam.

“Dinas Koperasi dan UMKM selalu melibatkan pelaku usaha yang ada pada setiap iven besar di Padang. Begitu juga saat Car Free Day (CFD). Hal ini demi memperkenalkan ke masyarakat dan usahanya diminati pengunjung,” ulas­nya.

“ Kita mengimbau ke­pada pelaku UMKM, su­paya terus meningkatkan kualitas usahanya dan kon­sisten melakoni. Supaya bernilai jual di masyarakat dan pengembangannya mudah,” tambah Teinike.

Diskop dan UMKM Pa­dang lanjutnya, juga rutun melakukan peninjauan ke lapangan atau ke tempat pelaku usaha, beker­ja­sama dengan Pemprov Sumbar dan pihak lainnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top