Close

Kota Padang akan Dibantu Program RDF Kementerian PUPR

Hendri Septa Wali Kota Padang

PADANG, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR beserta beberapa pejabat setingkat Dirjen lainnya, juga para Deputi di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Rabu (14/9). Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka penjaringan minat dan penilaian kesiapan Pemerintah Kota/Kabupaten mengikuti Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities Project (ISWMP).

Sebanyak 40 kepala da­erah diundang pada pertemuan tersebut, baik Gubernur, Wali Kota/Bupati yang mana termasuk Wali Kota Padang di dalamnya.

“Alhamdulillah atas na­ma Pemerintah Kota Pa­dang kita bersyukur bisa diundang pada  pertemuan ini. Sebagaimana inti tujuannya adalah rencana pemberian bantuan dari Kemen PUPR untuk peningkatan pengelolaan sampah bagi daerah yang dinilai layak mendapatkan bantuan,” tutur Wako Hendri Septa.

Di kesempatan itu Wa­ko Hendri Septa menyampaikan kondisi persoalan dan pengelolaan sampah di Kota Padang yang mencapai 550-600 ton per hari.

Wako menyebutkan, pihaknya telah mengguna­kan metode Refuse Derived Fuel (RDF) sebagai salah satu metode dalam pengelolaan sampah, yaitu memberikan perlakuan sehingga sampah dapat men­jadi bahan bakar atau salah satu sumber energi.

“Selain itu kita sudah memiliki 2 off-taker hasil kesepakatan bersama dari PT Semen Padang dan PLTU Teluk Sirih di tahun 2021 untuk pemanfaatan hasil pengolahan sampah dengan teknologi RDF,” lanjut Wako.

Sampah yang dikelola dengan metode RDF tersebut dapat menjadi bahan bakar pengganti batu bara oleh PT Semen Padang. Kemudian, dapat dilakukan ‘green mining’ menjadikan sampah di TPA menjadi bahan baku RDF Plant, sekaligus dapat mem­perpanjang masa pakai TPA. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top